PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP DENGAN METODE KUIS KELOMPOK PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS VII SEMESTER 2 SMP SWASTA PEMBANGUNAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Balqis, Fauziah (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP DENGAN METODE KUIS KELOMPOK PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS VII SEMESTER 2 SMP SWASTA PEMBANGUNAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409341022 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341022 BAB I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341022 BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409341022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswayang diajar menggunakan metode Peta Konsep dan metode Kuis Kelompok padamateri pokok Ekosistem Tahun Pembelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest and postest group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Pembangun Medan yang berjumlah empat kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, diambil dua kelas sebagai sampel. Kelas VII-3 dengan jumlah 32 siswa diajar menggunakan metode peta konsep dan kelas VII-4 dengan jumlah 32 siswa diajar menggunakan metode kuis kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai postes untuk kelas yang menggunakan metode Kuis Kelompok lebih tinggi yakni 78,63 dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode Peta Konsep yakni 73. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung < -ttabel atau -2,27 < -1,99 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Concept Mapping dan Team Quiz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNusyirwan, 196006221988031001
Call Number: 577.107 12 Bal p
Keywords: Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; Peta Konsep; Kuis Kelompok; Materi Pelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10814

Actions (login required)

View Item View Item