PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

Ariyati, Nurul (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408311035 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311035 BAB I.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311035 BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311035 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Sistem Persaamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Karya Bunda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Karya Bunda yang berjumlah 27 orang. Objek penelitin ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes. lembar observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa selama proses pembelajaran, yaitu lembar observasi aktivitas pencapaian waktu ideal aktivitas aktif siswa. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Tes hasil belajar yang berbentuk uraian yaitu tes awal sebanyak 5 soal. Tes hasil belajar siklus I sebanyak 5 soal dan tes hasil belajar siklus II terdiri dari 5 soal. Hasil reliabilitas tes awal diperoleh nilai rhitung = 0,815 (rtabel = 0,381). Tes Hasil Belajar I (THB I) diperoleh nilai rhitung = 0,598 (rtabel = 0,381) dan Tes Hasil Belajar II (THB II) diperoleh nilai rhitung = 0,657 (rtabel = 0,381). Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh data persentasi rata- rata pencapaian waktu ideal aktivitas aktif sebesar 62,36%. Pada siklus I, aspek aktivitas siswa pada nomor 3 belum tercapai. Setelah diberi tindakan pada siklus II diperoleh data rata - rata persentasi pencapaian waktu ideal aktivitas aktif silkus II sebesar 77,29%, sehingga terjadi peningkatan persentasi aktivitas aktif sebesar 14,93%. Pada siklus II, aspek aktivitas siswa nomor 3, 4 dan tiga aspek lainnya telah tercapai. Hasil analisis siklus I dari nilai Test Hasil Belajar I diperoleh nilai rata-ratanya 62,4. Sebanyak 11 siswa (40,8%) tuntas dalam belajar sedangkan 16 siswa (59,3%) tidak tuntas. Dan hasil analisis siklus II dari nilai Tes Hasil Belajar II nilai rata-ratanya 80,7. Sebanyak 23 siswa (85,2%) tuntas dalam belajar sedangkan 4 siswa (14,8%) tidak tuntas dalam belajar. Dari hasil analisis siklus I dan siklus II tersebut dapat dilihat bahwa kriteria aktivitas belajar ini telah mencapai target dan mengalami peningkatan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan menerapkan model Problem Based Learning.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Learning, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Karya Bunda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSinaga, Bornok196509101991021001
Call Number: 512.507 1 Ari p
Keywords: pembelajaran; persamaan linear; motivasi; matematika; tes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10748

Actions (login required)

View Item View Item