PENERAPAN PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP N 7 PEMATANGSIANTAR T.A. 2012/2013

Pasaribu, Johan Kurniawan (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN IDEAL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP N 7 PEMATANGSIANTAR T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071244110065 COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110065 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110065 BAB I.pdf - Published Version

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110065 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071244110065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran IDEAL Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII SMP Negeri 7 Pematangsiantar tahun ajaran 2012/2013.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 7 Pematangsiantar tahun ajaran 2012/2013. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran IDEAL Problem Solving pada pokok bahasan sistem persamaan linier. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes.Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran pada setiap siklus diperoleh skor rata-rata penilaian pelaksanaan pembelajaran pada siklus I yang menggunakan IDEAL Problem Solving adalah 3,23 dan termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya, skor rata-rata penilaian pada siklus II meningkat menjadi 3,43. Dari tes kemampuan pemecahan masalah siswa, pada siklus I diperoleh rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah siswa 48,71 yang masih berada pada kategori sangat rendah dan belum mencapai ketuntasan secara klasikal, yaitu hanya 38,46% yang mencapai kategori minimal sedang (≥65). Selanjutnya, pada siklus II diperoleh rata-rata kelas untuk nilai kemampuan pemecahan masalah siswa 67,43 yang berada pada kategori sedang dan telah mencapai ketuntasan secara klasikal, yaitu sebesar 76,92%. Hal ini berarti setelah diberi tindakan, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat sebesar 18,72. Dengan demikian, penerapan pembelajaran IDEAL Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menjadi lebih baik. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran IDEAL Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Negeri 7 Pematangsiantar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiagian, P195410191980111001
Call Number: 513.260 71 Pas p
Keywords: Pembelajaran Matematika; Kemampuan Pemecahan Masalah; Kesulitan Belajar; Strategi Ideal Problem Solving; Persamaan Linear
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10730

Actions (login required)

View Item View Item