PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TOPIK OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DIKELAS IV SD NEGRI 118156 KARANG ANYAR LABUHAN BATU T.A 2012/2013

Sipahutar, Yunita (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TOPIK OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DIKELAS IV SD NEGRI 118156 KARANG ANYAR LABUHAN BATU T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408311058 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311058 abstrak.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311058 BAB I.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311058 BAB V.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408311058 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada topik operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 118156 Karang Anyar.Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dan prestasi belajar siswa dibidang matematika pada topik operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat , siswa menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih kurang, kurangnya keberanian siswa untuk mengemukakan pendapat, pemilihan strategi dan metode yang kurang efektif dalam pembelajaran matematika yang meminimalkan keterlibatan siswa sehingga berpengaruh pada lemahnya pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan soal.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 118156 Karang Anyar Labuhan Batu yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik topik operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.Penerpan pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam mengatasi berminatnya dan meningkatkan pemahaman konsep matematika penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat diketahui dari kemampuan siswa mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan sebelum dan sesudah proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata ulangan harian siswa diperoleh 57,76 dengan ketuntasan 40%, setelah pemberia tindakan dengan penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 64,96 dengan ketuntasan 60 %. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 7,6 dengan ketuntasan 88 %.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik, terjadi pembelajaran yang efektif dan meningkatnya hasil belajar siswa khususnya topik operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 118156 Karang Anyar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Call Number: 512.720 71 Sip p
Keywords: hasil belajar; kesulitan belajar; matematika realistik; efektifitas pembelajaran; matematisasi progresif; interaktivitas; kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10722

Actions (login required)

View Item View Item