PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA

Panjaitan, Suhendry (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing diintegrasikan dengan pendidikan karakter terhadap peningkatan hasil belajar dan sikap (karakter) siswa pada materi Termokimia. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Medan dan sampel diambil 2 kelas secara random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, angket dan observasi. Berdasarkan uji hipotesis pertama yakni uji t dua pihak, dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel (5,774 > 2,002), berarti Ha diterima. Rata-rata gain yang diperoleh siswa di kelas eksperimen 0,6498 dan kelas kontrol 0,5175 sehingga persentase peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 64,98 % sedangkan pada kelas kontrol sebesar 51,75 %. Uji hipotesis kedua diperoleh thitung > ttabel (3,873 > 2,002), berarti terima Ha. Dari hasil persentase data angket pada kelas eksperimen sebesar 32,30 % pada kelas kontrol 28,82 %. dan hasil analisis observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa persentase yang diperoleh siswa pada kelas eksperimen dari pertemuan I sampai pertemuan IV lebih tinggi daripada persentase yang diperoleh pada kelas kontrol. Rata-rata pesentase yang diperoleh untuk kelas eksperimen pada pertemuan I 45,7 % , pertemuan II 55,3 % , pertemuan III 62,3 % dan pertemuan IV 71,0%. Pada kelas kontrol diperoleh pada pertemuan I 39,0% , pertemuan II 50,7 % , pertemuan III 57,0 % , dan pertemuan IV 64,0%. Dengan melihat keberhasilan pengajaran yang dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar, maka perlu diterapkan untuk menggunakannya pada materi kimia lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNainggolan, Bajoka196008151985031006
Call Number: 541.360 71 Pan p
Keywords: Hukum Hess; Kalorimeter; Entalpi; Pembakaran; Reaksi; Eksoterm; Endoterm; Termokimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10510

Actions (login required)

View Item View Item