EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA

Khairani, Zakiyah (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081244310021 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310021 BAB I.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310021 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081244310021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan persepsi siswa terhadap penggunaan media macromedia flash pada pembelajaran pokok bahasan ikatan kimia di kelas X SMA Negeri 3 Medan semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak satu kelas, yaitu kelas X-2 SMA Negeri 3 Medan yang diberikan pembelajaran pokok bahasan ikatan kimia dengan menggunakan media macromedia flash. Penelitian menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitasnya, diperoleh hasil bahwa sampel berdistribusi normal. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan gain dan diperoleh persen keberhasilan belajar siswa sebesar 77,94%. Berdasarkan uji efektifitas treatment diperoleh bahwa pembelajaran dinyatakan efektif karena ada perbedaan signifikan antara pretest dan postest sebesar 32,414, dimana diberikan essay tes sebagai pendukung postest dan diperoleh rata-rata hasil essay test sebesar 65,96%. Berdasarkan angket yang disebar diperoleh bahwa 74,31% media macromedia flash yang digunakan dapat mempengaruhi pengetahuan siswa. Dengan melihat keberhasilan belajar dan pengaruh pengetahuan siswa dengan menggunakan media macromedia flash, maka diharapkan media ini dapat diaplikasikan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDPurba, Jamalum19641207 199103 1 002
Call Number: 541.224 071 Kha e
Keywords: Pembelajaran; Media; Macromedia Flas; Komputer; Ion; Kovalen; Logam; Ikatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10488

Actions (login required)

View Item View Item