PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 RUNDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013

Dewi, Nurmala (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI SEL DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 RUNDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
409441027 COVER.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441027 BAB I.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441027 BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
409441027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Student Team Achievement (STAD) pada materi pokok Struktur dan Fungsi Sel di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rundeng Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 110 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random (random sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas XI1 sebagai kelas STAD dan XI2 sebagai kelas NHT. Masing-masing berjumlah 40 siswa sehingga total sampel adalah 80 siswa. Rata-rata hasil belajar kelas NHT sebesar 7,1 dengan standar deviasi 1,25 dan kelas STAD 5,97 dengan standar deviasi 1,22. Uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,06 > ttabel = 2,648 . Jadi didapat bahwa thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak, yang artinya ada perbedaaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Student Team Achievement (STAD) pada materi pokok Struktur Dan Fungsi Sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rundeng Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHarahap, Nuraini195310051976032001
Call Number: 571.607 12 Dew p
Keywords: Hasil Belajar; Pembelajaran; Kooperatif; NHT; STAD; Struktur; Fungsi Sel; Membran Sel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10396

Actions (login required)

View Item View Item