PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA ST. PETRUS SIDIKALANG T.P. 2013/2014

Hutagalung, Tamrin I. (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA SWASTA ST. PETRUS SIDIKALANG T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409121083 COVER.pdf]
Preview
Text
409121083 COVER.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of 409121083 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409121083 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 409121083 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409121083 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 409121083 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409121083 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 409121083 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409121083 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 409121083 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409121083 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 409121083 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
409121083 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 409121083 BAB I.pdf]
Preview
Text
409121083 BAB I.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 409121083 BAB V.pdf]
Preview
Text
409121083 BAB V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 409121083 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409121083 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X semester I SMA Swasta St. Petrus Sidikalang T.P. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Swasta St. Petrus Sidikalang yang terdiri dari 5 kelas berjumlah 216 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 28.5 dengan standar deviasi 8.63, dan nilai rata-rata kelas kontrol 27.86 dengan standar deviasi 8.46. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0.1115 dan Ltabel = 0.1401, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0.1381, dan Ltabel = 0.1401, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,040 dan Ftabel = 1,705 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 71.20 dengan standar deviasi 9.25 dan kelas kontrol 63.63 dengan standar deviasi 9.99. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 60.14 termasuk dalam kriteria aktif. Hasil uji t diperoleh thitung = 3.404 dan ttabel = 1.666 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian ada perbedaan akibat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas X semester I SMA Swasta St. Petrus Sidikalang T.P. 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 533.270 712 Hut p
Keywords: Aktivitas; Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Afektif; Psikomotor; Pembelajaran; Kooperatif; GI; Gerak Lurus; Jarak; Perpindahan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 15 Aug 2016 08:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10377

Actions (login required)

View Item
View Item