MEMEDIASI ANTARA MATEMATIKA KONKRIT DAN ABSTRAK(MEMBANTU SISWA MEMAHAMI MATEMATIKA YANG ABSTRAK)

Fauzi, Kms Muhammad Amin MEMEDIASI ANTARA MATEMATIKA KONKRIT DAN ABSTRAK(MEMBANTU SISWA MEMAHAMI MATEMATIKA YANG ABSTRAK). -.

[img]
Preview
Text
FullText.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah besar dalam pengajaran matematika adalah pertanyaan mengenai bagaimana mengajar siswa pengetahuan matematika yang abstrak. Dalam pengajaran yang menerapkan pendekatan proses informasi masalah ini biasanya dijawab dengan menyajikan model konkrit untuk membantu siswa menghadapi pengetahuan abstrak. Akan tetapi ternyata kata konkrit itu sendiri sering tidak dimaksudkan atau berarti konkrit yang masuk akal. Pengertian konkrit sering hanya dianggap sebagai sebuah alat bantu belajar yang dapat diraba, .kenyataannya terkadang penggunaan benda manipulatif (alat peraga) justru sering tidak secara sertamerta membantu siswa mencapai pengertian yang mendalam tentang matematika itu sendiri. Lebih dari itu, sekalipun suatu penguasaan prosedur yang tertentu dicapai menggunakan alat peraga itu, ternyata aplikasinya nampak seperti meragukan. Ada pendapat bahwa pendekatan manipulatif sering gagal, mungkin walaupun model-model seperti terlihat konkrit akan tetapi konsep matematika yang menempel pada model ternyata tidak cukup konkrit untuk siswa. Atau dengan kata lain, pendekatan menggunakan benda manipulatif melewati apa yang dimaksudkan dengan pengetahuan informal siswa. Jadi sering alat peraga tidak menggambarkan sebagai bentuk pengetahuan awal siswa. Pendekatan alternative dari situasi pengetahuan informal sebagai permualaan awal pengembangan pengetahuan matematika formal.

Item Type: Article
Keywords: Mediating; Concrete Mathematical; Abstract Mathematical
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1025

Actions (login required)

View Item View Item