PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA PRAYATNA MEDAN TP 2011/2012

Putri, Suryani Agustina (2012) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA PRAYATNA MEDAN TP 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 408341056  Cover.pdf]
Preview
Text
408341056 Cover.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 408341056 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
408341056 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 408341056 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
408341056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 408341056 Abstrak n Abstract.pdf]
Preview
Text
408341056 Abstrak n Abstract.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 408341056  BAB I.pdf]
Preview
Text
408341056 BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 408341056  BAB V.pdf]
Preview
Text
408341056 BAB V.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 408341056 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
408341056 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 408341056 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
408341056 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode problem solving terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta Prayatna Medan T.P 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Prayatna Medan tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 2 kelas yang ditentukan secara acak sederhana (random sampling) yaitu 1 kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode problem solving dan 1 kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar biologi pada materi pokok pencemaran lingkungan sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid. Penilaian hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan skala 0-100.Hasil penelitian diperoleh: 1) hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen setelah diajarkan dengan metode problem solving pada materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta Prayatna Medan T.P 2011/2012 diperoleh rata-rata sebesar 79,80 dengan standar deviasi 6,59; 2) hasil belajar biologi siswa kelas kontrol setelah diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta Prayatna Medan T.P 2011/2012 diperoleh rata-rata sebesar 76,50 dengan standar deviasi 6,42; dan 3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode problem solving terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta Prayatna Medan T.P 2011/2012 (thitung > ttabel yaitu 2,269 > 2,00). Penggunaan metode problem solving memberikan pengaruh terhadap hasil belajar biologi sebesar 4,3% lebih tinggi dibandingkan metode konvensional. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru biologi untuk dapat menerapkan metode problem solving dalam mengajarkan materi-materi biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 574.071 Put p
Keywords: Populasi; Sampel; Desain
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 16 Aug 2016 03:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10140

Actions (login required)

View Item
View Item