PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

ARMAYANTI, (2012) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408141040 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408141040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408141040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408141040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408141040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408141040 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
408141040 BAB V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408141040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar dikelas melalui penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi pokok sistem ekskresi pada manusia dikelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah kelas XI IPA5 dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dalam penelitian ini adalah teknik persentase belajar siswa, observasi aktivitas siswa dengan guru. Rata-rata nilai pretes siswa adalah 51,17. Setelah diterapkan metode role playing, diperoleh rata-rata nilai postes I pada siklus I adalah 73,51 dan postes II pada siklus II adalah 87,16. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari postes I ke postest II sebesar 14,01. Demikian juga aktivitas siswa mengalami peningkatan, dimana pada siklus I sebesar 68,02 dan pada siklus II sebesar 82,43 Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasairin, Ashar196306141990031001
Call Number: 574.071 Arm p
Keywords: Ginjal; Kulit; Hati; Paru-paru
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10112

Actions (login required)

View Item View Item