PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADAPOKOK BAHASAN SISTEM KOLOID

Lubis, Dila Erwinda (2012) PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS WEBLOG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADAPOKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408131044 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131044 BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131044 BAB V.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-learning berbasis weblog terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Binjai yang terdiri dari tiga kelas berjumlah 108 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 72 siswa dengan teknik purpossive sampling sehingga diperoleh kelas eksperimen yang diberi pengajaran e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol yang diberi pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata gain kelas eksperimen adalah 0,797 dan rata-rata gain kelas kontrol adalah 0,696. Persentase peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pengajaran e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 79,700% dan untuk model pembelajaran konvensional sebesar 69,600%. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 5,674 sedangkan ttabel sebesar 1,671 pada taraf α = 0,05 dan dk = 62, sehingga thitung>ttabel. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa yang di ajar melalui penerapan e-learning berbasis weblog dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar siswa yang di ajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJuniar, Anna196006131988032001
Call Number: 540.071 Lub p
Keywords: E-Learning; Weblog; Kooperatif tipe STAD; Hasil Belajar; Siswa; Koloid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10077

Actions (login required)

View Item View Item