PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAPPENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWAPADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID

Siregar, Devi Anriani (2012) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAPPENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWAPADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408331010 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331010 BAB I.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331010 BAB V.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408331010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh model Project Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan sistem koloid dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa yang lebih tinggi dengan model project based learning yang menggunakan macromedia flash atau hanya dengan menggunakan macromedia flash saja. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pegajahan sebanyak 80 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Pembelajaran pada kelas eksperimen I yaitu metode Project Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash dan pembelajaran pada kelas eksperimen II hanya dengan Macromedia Flash tanpa model Project Based Learning. Sebagai alat pengumpul data peningkatan hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya bedanya, validasi instrumen tes dilakukan di SMA Darma Pancasila. Hasil analisis data diperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar kimia kelas eksperimen I 0,707±0,088 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II dengan rata-rata peningkatan hasil belajarnya 0,478±0,081. Peningkatan hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji t pihak kanan diperoleh thitung > ttabel (12 > 1,684) sehingga Ha diterima berarti ada pengaruh model Project Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan sistem koloid. Maka dapat disimpulkan bahwa metode Project Based Learning dengan menggunakan Macromedia Flash berpengaruh dan memberikan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi daripada pembelajaran yang hanya menggunakan Macromedia Flash saja. Peningkatan atau persen gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen I sebesar 70,7% sedangkan untuk kelas eksperimen II sebesar 47,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimatupang, Lisnawaty197607192003122002
Call Number: 540.071 Sir p
Keywords: Populasi; Varisbel; Rancangan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10049

Actions (login required)

View Item View Item