PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI MAN 1 MEDAN TAHUN 2011/2012

Handayani, Tri Suci (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KRITIS SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI MAN 1 MEDAN TAHUN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
408131095 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131095 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131095 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131095 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131095 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131095 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131095 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131095 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131095 BAB I.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131095 BAB V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
408131095 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw pokok bahasan koloid di kelas XI IPA MAN 1 Medan pada tahun pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan tahun pembelajran 2011/2012 yang berjumlah 220 siswa dan terdistribusi pada 6 kelas. Sedangkan yang menjadi sampelnya yaitu kelas XI IPA-4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 40 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu pengambilan sampel secara random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Validitas tes hasil belajar diuji dengan rumus r product moment. Reabilitas tes diuji dengan rumus KR-20 yaitu sebesar 1,014. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar untuk free-test adalah 46,125 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk post-test adalah 81,125.Selanjutnya pengujian peningkatan hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 64,4%, berarti ada peningkatan hasil belajar siswa yang diberi pengajaran dengan menggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPA MAN 1 Medan TP. 2011/2012. Nilai kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw pada pokok bahasan koloid di kelas XI IPA 4

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Marudut19630216 199603 1 001
Call Number: 540.071 Han p
Keywords: Lokasi; Populasi; Variabel
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/10012

Actions (login required)

View Item View Item