EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUP POKOK BAHASAN MENGENAL ALAT-ALAT KANTOR KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009

SAGALA, SYAIFUL EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUP POKOK BAHASAN MENGENAL ALAT-ALAT KANTOR KELAS XI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009. -. pp. 89-94.

[thumbnail of Full Text.pdf]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambarakan Keefektivitasan pembelajarn mengenal Alat-alat kantor dengan metode Discovery Learning pada siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2008/2009. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 200 orang dan yang menjadi sampel pada penelitian ini sebanyak 40% dan 200 orang menjadi 80 orang, yaitu 40 di kelas Eksperimen dan 40 orang lagi di kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data di ketahui bahwa ada perbedaan metode Discovery learning dengan metode diskusi pada siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan. Nilai pre test sebesar 59,2 artinya pemahaman terhadap materi termasuk rendah. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Metode Discovery learning Mean : 87,7 artinya nilai hasil belajar meningkat menjadi kategori baik sekali standar devisi 7,28 dan stadar Error = 1,16 serta uji normalitas L0 < Ltabel atau 0,1400 < 0,1401. Nilai pre test sebesar 55,00 artinya pemahaman terhadap materi termasuk kategori rendah. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggukan Metode Diskusi memiliki Mean = 77, 7 standar devisi = 6,67 dan standar Error perbedaan kedua Mean Metode Discovery learning dan Metode Diskusi adalah 1,16 serta uji normalitas L0 < Ltabel atau 0,0385 < 0,1401. Homogenitas semua sampel = 1,45, Standard Error perbedaan kedua mean Metode Discovery Learning dan Metode Learning adalah = 1,16. Maka dapat di hitung nilai t1 to = 6,41 tt 5% = 2,00 dan t 1% = 2,65 karena to yang di peroleh lebih besar dari tt yaitu = 2,00 <6,41> 2,65. Mean hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) di terima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mengenal alat-alat kantor dengan Metode Discovery learning lebih efektif di gunakan dari pada Metode Diskusi.

Item Type: Article
Keywords: Discovery Learning; Diskusi; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 01 Apr 2016 05:04
Last Modified: 01 Apr 2016 05:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/898

Actions (login required)

View Item
View Item