MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK DI TK AN-NISA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Akmal, Nurul (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK DI TK AN-NISA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1113313010 - COVER.pdf]
Preview
Text
1113313010 - COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 1113313010 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1113313010 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (851kB) | Preview
[thumbnail of 1113313010 - ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1113313010 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 1113313010 - DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1113313010 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 1113313010 - DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1113313010 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 1113313010 - DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1113313010 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 1113313010 - BAB I.pdf]
Preview
Text
1113313010 - BAB I.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 1113313010 - BAB V.pdf]
Preview
Text
1113313010 - BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 1113313010 - DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1113313010 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Pada anak usia dini ada beberapa aspek perkembangan yang harus ditingkatkan, salah satunya adalah kemampuan sosial. Kemampuan sosial adalahpencapaian kematangan dalam hubungan sosial dan dapat juga diartikan sebagaiproses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral dantradisi, meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi danberkerjasama. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan sosial anak yaitumelalui penerapan motode proyek. Metode proyek merupakan salah satu motedepemberian pengalaman belajar dengan menghadapkan anak pada kegiatan sehari-hariyang harus dikerjakan secara berkelompok. Permasalahan pada penelitian ini adalah,(1) kurangnya kemampuan anak bersosialisasi dengan temannya, (2) pengelolaankelas yang kurang tepat sehingga kegiatan pembelajaran hanya didominasi oleh anakanakyang aktif, (3) anak kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran, (4)metode untuk mengembangkan kemampuan sosial yang digunakan guru kurangbervarias, (5) kurangnya guru memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah dalamkegiatan pembelajaran sebagai sumber belajar. dan (6) kurang tepat penerapanmetode proyek yang digunakan oleh guru di dalam kegiatan pembelajaran.Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B TK AN-NISA Jl. Jangka No. 18Medan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, mulai dari persiapan, pelaksanaantindakan dan penulisan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipeningkatan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun melalui penerapan metode proyekdi TK AN-NISA Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objekpenelitian ini adalah meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun di TK ANNISAMedan. Subjek penelitian adalah anak kelas B Pelangi yang berjumlah 10orang. Proses penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pengumpulan data menggunakanlembar observasi.Hasil analisa setelah diberikan tindakan pada siklus I dengan menerapkan metodeproyek didapat 3 orang anak (30%) yang memiliki kemampuan sosial baik , 6 orang anak(60%) yang memiliki kemampuan sosial cukup baik, dan 1 orang anak (10%) yang memilikikemampuan sosial kurang baik. Pada siklus ini persentase kemampuan klasikal baru tercapai30 %.Hasil analisa pada siklus II, dari 10 orang anak terdapat 3 orang anak (30%) yangmemiliki kemampuan sosial baik sekali, 5 orang anak (50%) memiliki kemampuan sosialbaik, 2 orang anak (20%) memiliki kemampuan sosial cukup. Tidak ada anak yang memilikikemampuan sosial kurang baik dan kurang sekali. Pada siklus ini persentase kemampuanklasikal anak sudah tercapai yaitu sebesar 80%.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa melalui penerapam metode proyekdapat meningkatkan kemampuan sosial anak 5-6 tahun di TK AN-NISA Medan tahun ajaranii2014/2015 pada sub tema tanaman. Sebelum dilakukan tindakan kemampuan sosial anakmasih rendah, setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh data anak sudah cukup baiknamun nilai yang diperoleh anak masih belum mencapai hasil yang maksimal yaitu rata-ratanilai persentase peningkatan 44,25%. Untuk mencapai tingkat keberhasilan, maka dilakukanperbaikan-perbaikan pengajaran pada siklus II yang pada akhirnya menghasilkan nilai rataratasebesar 70,25%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.2 Akm m
Keywords: kemampuan Sosial, Metode Proyek;Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 05 Aug 2016 06:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8087

Actions (login required)

View Item
View Item