Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Teman Sebaya Siswa Kelas VII SMP 1 Muhammadiyah Medan T.A. 2021/2022

Dermawan, Muhammad Dani (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Teman Sebaya Siswa Kelas VII SMP 1 Muhammadiyah Medan T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1173351035_Cover.pdf] Text
1173351035_Cover.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 1173351035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1173351035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 1173351035_Abstrak.pdf] Text
1173351035_Abstrak.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of 1173351035_Kata_Pengantar.pdf] Text
1173351035_Kata_Pengantar.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 1173351035_Daftar_Isi.pdf] Text
1173351035_Daftar_Isi.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1173351035_Daftar_Tabel.pdf] Text
1173351035_Daftar_Tabel.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 1173351035_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1173351035_Daftar_Lampiran.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 1173351035_BAB_I.pdf] Text
1173351035_BAB_I.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 1173351035_BAB_V.pdf] Text
1173351035_BAB_V.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 1173351035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1173351035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Teman Sebaya Siswa Kelas VII SMP 1 Muhammadiyah Medan T.A. 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen semu dengan menggunakan desain one group pre-test and post-test design. Penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal teman sebaya siswa kelas VII dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang yang terpilih secara screening (penyaringan) dengan menggunakan skala kemampuan komunikasi interpersonal teman sebaya. Berdasarkan hasil validasi dengan responden sebnayak 30 siswa diperoleh hasil bahwa angket kemampuan komunikasi interpersonal teman sebaya siswa kelas
VII terdapat 35 butir pernyataan valid dengan ketentuan rhitung > rtabel. Pada hasil reliabilitas diperoleh r11 > rtabel sehingga angket kemampuan komunikasi interpersonal teman sebaya siswa kelas VII termasuk dalam kategori sangat tinggi dan dikatakan telah memenuhi koefisien reliabilitas sehingga dapat digunakan sebagai alat pengumpul data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji
Wilcoxon. Adapun hasil nya dapat diketehui bahwa Jhitung = 10 sedangkan Jtabel = 0, dari tabel krisis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk N = 6, α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 10 > 0. Hal ini dapat dilihat melalui hasil perhitungan dnegan skor tes awal (pre-test) diperoleh rata-rata 60,33 sedangkan data post-test
diperoleh rata-rata 118. Hal ini menunjukkan ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap kemampuan komunikasi interpersonal teman sebaya siswa kelas VII
SMP 1 Muhammadiyah Medan T.A. 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok; Kemampuan Komunikasi Interpersonal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:15
Last Modified: 05 Jul 2024 09:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58681

Actions (login required)

View Item
View Item