Dermawan, Muhammad Dani (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Teman Sebaya Siswa Kelas VII SMP 1 Muhammadiyah Medan T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1173351035_Cover.pdf
Download (22kB)
1173351035_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (221kB)
1173351035_Abstrak.pdf
Download (156kB)
1173351035_Kata_Pengantar.pdf
Download (74kB)
1173351035_Daftar_Isi.pdf
Download (88kB)
1173351035_Daftar_Tabel.pdf
Download (148kB)
1173351035_Daftar_Lampiran.pdf
Download (83kB)
1173351035_BAB_I.pdf
Download (220kB)
1173351035_BAB_V.pdf
Download (85kB)
1173351035_Daftar_Pustaka.pdf
Download (85kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Teman Sebaya Siswa Kelas VII SMP 1 Muhammadiyah Medan T.A. 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
eksperimen semu dengan menggunakan desain one group pre-test and post-test design. Penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal teman sebaya siswa kelas VII dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang yang terpilih secara screening (penyaringan) dengan menggunakan skala kemampuan komunikasi interpersonal teman sebaya. Berdasarkan hasil validasi dengan responden sebnayak 30 siswa diperoleh hasil bahwa angket kemampuan komunikasi interpersonal teman sebaya siswa kelas
VII terdapat 35 butir pernyataan valid dengan ketentuan rhitung > rtabel. Pada hasil reliabilitas diperoleh r11 > rtabel sehingga angket kemampuan komunikasi interpersonal teman sebaya siswa kelas VII termasuk dalam kategori sangat tinggi dan dikatakan telah memenuhi koefisien reliabilitas sehingga dapat digunakan sebagai alat pengumpul data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji
Wilcoxon. Adapun hasil nya dapat diketehui bahwa Jhitung = 10 sedangkan Jtabel = 0, dari tabel krisis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk N = 6, α = 0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 10 > 0. Hal ini dapat dilihat melalui hasil perhitungan dnegan skor tes awal (pre-test) diperoleh rata-rata 60,33 sedangkan data post-test
diperoleh rata-rata 118. Hal ini menunjukkan ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap kemampuan komunikasi interpersonal teman sebaya siswa kelas VII
SMP 1 Muhammadiyah Medan T.A. 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Kemampuan Komunikasi Interpersonal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 09:15 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 09:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58681 |