Tumangger, Marni (2023) Hubungan Manajemen Diri Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1183371005_Cover.pdf
Download (89kB)
1183371005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (199kB)
1183371005_Abstrak.pdf
Download (147kB)
1183371005_Kata_Pengantar.pdf
Download (162kB)
1183371005_Daftar_Isi.pdf
Download (87kB)
1183371005_Daftar_Gambar.pdf
Download (81kB)
1183371005_Daftar_Tabel.pdf
Download (83kB)
1183371005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (81kB)
1183371005_BAB_I.pdf
Download (171kB)
1183371005_BAB_V.pdf
Download (84kB)
1183371005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (159kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Manajemen Diri dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan stambuk 2021. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian korelasional yang bertujuan untuk melihat hubungan antara dua gejala atau lebih. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Pendidikan Masyarakat stambuk 2021 kelas A dan B berjumlah 57 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling dimana seluruh populasi dipilih sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data Manajemen Diri (X) menggunakan angket dan Prestasi Belajar (Y) melalui hasil IPK mahasiswa Semester II. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi product moment dan uji t. Berdasarkan hasil analisis prestasi
belajar mahasiswa terdapat 38 (66,7%) mahasiswa memiliki IPK pada kriteria dengan pujian dan terdapat 19 mahasiswa (33,3%) masuk kriteria sangat memuaskan, serta tidak terdapat
mahasiswa memiliki IPK <3,00. Dalam pengelolaan waktu mahasiswa 63%, hubungan antar manusia 42%, Perspektif diri 18%. Tahap-tahap manajemen diri pada pemantauan diri 61%,
evaluasi diri 70%, tahap penguatan, penghapusan atau hukuman 37%. Hasil perhitungan melalui uji korelasi menunjukkan bahwa hubungan manajemen diri dengan prestasi belajar
diperoleh rhitung =0,743> rtabel (0.256) maka dapat disimpulkan bahwa kedua variabel tersebut terdapat korelasi dengan arah yang positif. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji t diperoleh hasil uji thitung sebesar 8,243 dengan membandingkan kepada nilai ttabel 2,00 artinya
thitung> ttabel. Hasil tersebut menandakan bahwa terdapat hubungan signifikan antara Manajemen Diri dengan Prestasi Belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Masyarakat Universitas Negeri Medan terbukti kebenarannya dan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Self Management; Learning Achievement |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV4000 Pastoral theology > BV4019 Education L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 04 Jul 2024 09:55 |
Last Modified: | 04 Jul 2024 09:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58678 |