Pengembangkan Bahan Ajar Digital Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Subtema Pendudukan Jepang di Indonesia di MAN 2 Model Medan

Nasution, Lily Andriyani (2023) Pengembangkan Bahan Ajar Digital Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Subtema Pendudukan Jepang di Indonesia di MAN 2 Model Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206122013_Cover.pdf] Text
8206122013_Cover.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 8206122013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206122013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 8206122013_Abstrak.pdf] Text
8206122013_Abstrak.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 8206122013_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206122013_Kata_Pengantar.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 8206122013_Daftar_Isi.pdf] Text
8206122013_Daftar_Isi.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 8206122013_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206122013_Daftar_Tabel.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 8206122013_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206122013_Daftar_Gambar.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 8206122013_BAB_I.pdf] Text
8206122013_BAB_I.pdf

Download (799kB)
[thumbnail of 8206122013_BAB_V.pdf] Text
8206122013_BAB_V.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 8206122013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206122013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui proses pembelajaran menggunakan bahan ajar digital sejarah berbasis Project Based Learning di MAN 2 MODEL MEDAN, 2) Mengetahui kelayakan bahan ajar digital berbasis Project Based Learning pada website yang diberikan kepada siswa dengan sub tema Pendudukan Jepang di Indonesia dan Masa Kemerdekan Republik Indonesia di MAN 2 MODEL MEDAN. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall dalam (Sugiono 2014). Metode penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu tahap I mengembangkan bahan ajar digital dan tahap II melakukan uji efektifitas produk. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas XI MAN 2 Model Medan. Dengan jumlah 33 siswa, metode pengumpulan data adalah wawancara dan instrumen. Penelitian adalah pedoman wawancara, kuesioner lembar validasi ahli media, ahli materi, kuesioner respons peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan sudah sangat layak melalui beberapa tahapan revisi/perbaikan. Presentase nilai yang diperoleh antara lain: (1) penilaian ahli materi berada pada kriteria sangat layak dengan skor rata-rata 4,38, (2) penilaian ahli media berada pada kriteria layak dengan skor 4,11 dan keefektifan penggunaan bahan ajar digital disimpulkan berdasarkan pada hasil post test siswa pada uji coba presentase ketuntasan klasikal sebesar 85,0% dengan 33 siswa dinyatakan lulus semua. Penilaian hasil belajar siswa berdasarkan pretest dan postes dianalisis dengan menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas diperoleh nilai rata-rata sebesar 8,5 dimana dalam kategori tinggi. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS MAN 2 MODEL MEDAN TA. 2022/2023 semester genap berjumlah 33 siswa. Dengan demikian bahan ajar digital sejarah yang dikembangkan mampu meningkatkan minat dan aktifitas serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Nas p
Keywords: Bahan Ajar Digital, Project Based Learnning dan Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 04:03
Last Modified: 28 May 2024 04:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57995

Actions (login required)

View Item
View Item