Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Siber Berbantuan Canva Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 066657 Medan T.A 2021/2022.

Eflin, Rut (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Siber Berbantuan Canva Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 066657 Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1183311054_COVER.pdf] Text
1. NIM. 1183311054_COVER.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of 2. NIM. 1183311054_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf] Text
2. NIM. 1183311054_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 3. NIM. 1183311054_ABSTRAK.pdf] Text
3. NIM. 1183311054_ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 4. NIM. 1183311054_KATA PENGANTAR.pdf] Text
4. NIM. 1183311054_KATA PENGANTAR.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 5. NIM. 1183311054_DAFTAR ISI.pdf] Text
5. NIM. 1183311054_DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 6. NIM. 1183311054_DAFTAR TABEL.pdf] Text
6. NIM. 1183311054_DAFTAR TABEL.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 7. NIM. 1183311054_DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
7. NIM. 1183311054_DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 8. NIM. 1183311054_DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
8. NIM. 1183311054_DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 9. NIM. 1183311054_BAB I.pdf] Text
9. NIM. 1183311054_BAB I.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of 13. NIM. 1183311054_BAB V.pdf] Text
13. NIM. 1183311054_BAB V.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 14. NIM. 1183311054_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM. 1183311054_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa media kartu yang simpel, inovatif, dan bergambar atau dapat disingkat dengan istilah kartu siber untuk siswa kelas IV SDN 066657 Medan. Penelitian ini
menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan diantaranya yaitu Analisis (analysis), Desain (design), Pengembangan (development), Implementasi (implementation), Evaluasi (evaluation). Subjek
dalam penelitian ialah siswa kelas IV-B SD Negeri 066657 Medan yang berjumlah sebanyak 21 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, validasi dan tes. Data yang diperoleh dari penilaian validator ahli media dan ahli
materi untuk kelayakan media memperoleh persentase nilai sebesar 86% dan 82,6% dengan kualifikasi sangat layak. Data yang diperoleh dari praktisi pendidikan untuk kepraktisan media memperoleh persentase nilai sebesar 87,6% dengan kualifikasi sangat praktis. Data yang diperoleh dari hasil perbandingan nilai rata-rata pre-test dan juga post-test peserta didik untuk keefektifan media telah terjadi peningkatan dari 49,52 meningkat menjadi 80. Kesimpulan dari
penelitian pengembangan ini berdasarkan data yang telah dikumpulkan bahwa media pembelajaran Kartu Siber Berbantuan Canva Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SDN 066657 Medan layak, praktis, dan efektif digunakan untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Media; Pembelajaran; Kartu; Siber; Canva
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 May 2024 02:53
Last Modified: 02 May 2024 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56085

Actions (login required)

View Item
View Item