Nabila, Rizky (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual di SMK Tritech Informatika Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193351005_Cover.pdf
Download (53kB)
5193351005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (853kB)
5193351005_Kata_Pengantar.pdf
Download (338kB)
5193351005_Abstrak.pdf
Download (205kB)
5193351005_Daftar_Isi.pdf
Download (210kB)
5193351005_Daftar_Tabel.pdf
Download (176kB)
5193351005_Daftar_Gambar.pdf
Download (179kB)
5193351005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (177kB)
5193351005_BAB_I.pdf
Download (557kB)
5193351005_BAB_V.pdf
Download (237kB)
5193351005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (457kB)
Abstract
Perubahan kurikulum yang terjadi menimbulkan banyak perubahan pada kegiatan pembelajaran, kurikulum yang digunakan saat ini adalah kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil observasi, dalam kegiatan belajar mengajar media yang digunakan guru adalah power point yang cenderung menampilkan teks. Capaian pembelajaran sketsa dan ilustrasi siswa harus mampu menerapkan pembuatan sketsa dan ilustrasi. Proses penerapannya berupa siswa dapat menggambar sketsa dan menggambar ilustrasi. Penerapan kegiatan pembelajaran
praktik tersebut ditemukan kendala, bahwasannya beberapa siswa ada yang tidak memiliki laptop sehingga mereka cukup kesulitan jika pembelajaran praktik berlangsung. Hal tersebut menjadi peluang bagi peneliti untuk mengembangkan
media pembelajaran berbasis mobile learning yang dapat digunakan oleh peserta didik dimana saja dan kapan saja sebagai media pembelajaran mandiri bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning, untuk mengetahui spesifikasi hasil pengembangan media, untuk mengetahui kelayakan media serta untuk mengetahui akseptabilitas
dari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur penelitian menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation), dengan model pengembangan produk menggunakan
MDLC (multimedia development life cycle). Pengujian terhadap media pembelajaran yang dikembangkan meliputi pengujian kelayakan materi dan media serta kebergunaan pada media.
Berdasarkan hasil uji kelayakan diperoleh nilai 4,738 untuk kelayakan materi dan 4,562 untuk kelayakan media. Kemudian hasil pengujian dari akseptabilitas oleh peserta didik memperoleh nilai 4,711. Berdasarkan perolehan nilai tersebut menyatakan bahwasannya media pembelajaran berbasis mobile
larning sangat layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Mobile Learning; Media Pembelajaran; Sketsa dan Ilustrasi |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 06:55 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55971 |