Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual di SMK Tritech Informatika Medan

Nabila, Rizky (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual di SMK Tritech Informatika Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193351005_Cover.pdf] Text
5193351005_Cover.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 5193351005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193351005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (853kB)
[thumbnail of 5193351005_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193351005_Kata_Pengantar.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 5193351005_Abstrak.pdf] Text
5193351005_Abstrak.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 5193351005_Daftar_Isi.pdf] Text
5193351005_Daftar_Isi.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 5193351005_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193351005_Daftar_Tabel.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 5193351005_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193351005_Daftar_Gambar.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 5193351005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193351005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 5193351005_BAB_I.pdf] Text
5193351005_BAB_I.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of 5193351005_BAB_V.pdf] Text
5193351005_BAB_V.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 5193351005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193351005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (457kB)

Abstract

Perubahan kurikulum yang terjadi menimbulkan banyak perubahan pada kegiatan pembelajaran, kurikulum yang digunakan saat ini adalah kurikulum merdeka. Berdasarkan hasil observasi, dalam kegiatan belajar mengajar media yang digunakan guru adalah power point yang cenderung menampilkan teks. Capaian pembelajaran sketsa dan ilustrasi siswa harus mampu menerapkan pembuatan sketsa dan ilustrasi. Proses penerapannya berupa siswa dapat menggambar sketsa dan menggambar ilustrasi. Penerapan kegiatan pembelajaran
praktik tersebut ditemukan kendala, bahwasannya beberapa siswa ada yang tidak memiliki laptop sehingga mereka cukup kesulitan jika pembelajaran praktik berlangsung. Hal tersebut menjadi peluang bagi peneliti untuk mengembangkan
media pembelajaran berbasis mobile learning yang dapat digunakan oleh peserta didik dimana saja dan kapan saja sebagai media pembelajaran mandiri bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis mobile learning, untuk mengetahui spesifikasi hasil pengembangan media, untuk mengetahui kelayakan media serta untuk mengetahui akseptabilitas
dari peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur penelitian menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation), dengan model pengembangan produk menggunakan
MDLC (multimedia development life cycle). Pengujian terhadap media pembelajaran yang dikembangkan meliputi pengujian kelayakan materi dan media serta kebergunaan pada media.
Berdasarkan hasil uji kelayakan diperoleh nilai 4,738 untuk kelayakan materi dan 4,562 untuk kelayakan media. Kemudian hasil pengujian dari akseptabilitas oleh peserta didik memperoleh nilai 4,711. Berdasarkan perolehan nilai tersebut menyatakan bahwasannya media pembelajaran berbasis mobile
larning sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Mobile Learning; Media Pembelajaran; Sketsa dan Ilustrasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:55
Last Modified: 30 Apr 2024 06:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55971

Actions (login required)

View Item
View Item