PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA SWASTA BUDI SATRYA

Sigalingging, Yusi Fridayanti (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI SMA SWASTA BUDI SATRYA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193341014_Cover.pdf] Text
4193341014_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4193341014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193341014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4193341014_Abstrak.pdf] Text
4193341014_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4193341014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193341014_Kata_Pengantar.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 4193341014_Daftar_Isi.pdf] Text
4193341014_Daftar_Isi.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 4193341014_BAB_I.pdf] Text
4193341014_BAB_I.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4193341014_BAB_V.pdf] Text
4193341014_BAB_V.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4193341014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193341014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul Biologi berbasis Problem Based Learning berbantuan Kvisoft Flipbook Maker pada materi Sistem Ekskresi yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran disekolah maupun diluar sekolah, mengetahui respon atau tanggapan guru serta keefektifan produk e-modul yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa setelah menggunakan e-modul yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Researh and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D oleh Thiagarajan (1974). Subjek penelitian ini adalah 3 orang ahli yaitu ahli materi, media dan pembelajaran, 1 orang guru dan 30 siswa kelas XI. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, guru dan instrument tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap e-modul yang telah dikembangkan untuk melihat keefektifan e-modul. Dari hasil analisis data diperoleh validasi oleh ahli materi sebesar 89,5% dengan kategori sangat layak, hasil validasi oleh ahli media sebesar 74,87% dengan kategori layak, hasil validasi oleh ahli pembelajaran sebesar 85,5% dengan kategori sangat layak, penilain atau respon guru biologi didapat sebesar 95% dengan kategori sangat layak, respon peserta didik sebesar 94% dengan kategori sangat layak. Pada hasil tes peserta didik melakukan pretes dan postes sehingga didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,75 yang termasuk dalam kategori efektif. Dan dapat disimpulkan E-Modul berbasis Problem Based Learning berbantuan kvisoft flipbook maker pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dinyatakan valid atau layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 570.071 2 Sig p
Keywords: E-modul; Kvisoft flipbook maker; Sistem eksresi; Problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:24
Last Modified: 29 Apr 2024 08:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55788

Actions (login required)

View Item
View Item