PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BELAJAR BAHASA MANDARIN DI SMP SWASTA SULTAN AGUNG PEMATANG SIANTAR

Sherly and Dharma, Edy and Purba, Saut PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BELAJAR BAHASA MANDARIN DI SMP SWASTA SULTAN AGUNG PEMATANG SIANTAR. In: Conference of Elementary Studies 2020 : literasi dalam pendidikan di era digital untuk generasi milenial, 2020.

[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (809kB) | Preview

Abstract

Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa asing yang telah diakui secara internasional. Di dalam dunia pendidikan di Indonesia, mulai tahun 2002 Depdiknas memulai penggunaan Bahasa Mandarin sebagai pilihan bahasa asing dalam kurikulum pendidikan nasional. Belajar Bahasa Mandarin harus menguasai 4 kompetensi dasar yaitu mendengarkan/ tīng (听), berbicara/ shuō(说), membaca/ dú (读) dan menulis/ xiĕ (写). Untuk menguasai ke-4 kompetensi dasar itu tidaklah mudah. Oleh karena itu dimanfaatkan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam Bahasa Mandarin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permasalahan yang dihadapi siswa SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar dalam belajar Bahasa Mandarin sekaligus memberikan solusi belajar yang sesuai dengan kemampuan siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Bahasa Mandarin.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media pembelajaran; Kemampuan siswa; Bahasa Mandarin
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL1001 Chinese language
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jun 2023 09:56
Last Modified: 21 Jun 2023 09:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53190

Actions (login required)

View Item
View Item