PENGEMBANGAN MODEL MEKANISME TRANSMISI KEBIJAKAN MAKROEKONOMI PROVINSI SUMATERA UTARA (SUATU PROYEKSI DENGAN STOCHASTIC SIMULATION)

Ruslan, Dede and Nasir, M. (2017) PENGEMBANGAN MODEL MEKANISME TRANSMISI KEBIJAKAN MAKROEKONOMI PROVINSI SUMATERA UTARA (SUATU PROYEKSI DENGAN STOCHASTIC SIMULATION). Project Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan Utara dalam pembangunan ekonomi Provinsi Sumatera Utara adalah bagaimana meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto atau PDRB per kapita dalam periode jangka panjang. Namun Peningkatan PDRB per kapita pada periode jangka panjang hanya dapat dicapai melalui stabilitas dan pertumbuhan ekonomi dalam periode jangka pendek melalui kebijakan fiskal dan moneter. Masalah yang ditimbulkan dari kejutan kebijakan fiskal dan moneter cenderung dapat meningkatkan tekanan harga-harga umum, sehingga dalam periode jangka panjang kebijakan stabilisasi ekonomi harus menjadi tujuan utama dari kebijakan fiskal dan moneter. Pencapaian tujuan pembangunan ekonomi daerah dalam periode jangka panjang juga dipengaruhi oleh perubahan ekonomi regional dan internasional. Oleh karena itu tujuan jangka panjang yang ingin dicapai dari kajian ini adalah menghasilkan sebuah model mekanisme transmisi kebijakan makroekonomi Provinsi Sumatera Utara (Suatu Proyeksi Dengan Stochastic Simulation) yang dapat dijadikan sebagai (1) alat untuk pengujian teori, (2) alat untuk membuat proyeksi/peramalan kondisi perekonomian Provinsi Sumatera Utara secara makro dan (3) alat untuk melakukan evaluasi kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Simulasi Kebijakan dengan asumsi-asumsi tertentu. Sedangkan target khusus yang ingin dicapai adalah mengetahui secara jelas (1) bagaimana proses mekanisme transmissi dan besar pengaruh perubahan kebijakan fiskal dan moneter terhadap aktifitas ekonomi agregat Provinsi Sumatera Utara, (2) bagaimana proses mekansime transmissi dan besar pengaruh perubahan kebijakan ekonomi supply side dan demand side daerah terhadap aktifitas ekonomi agregat Provinsi Sumatera Utara serta (3) bagaimana proses mekanisme transmissi dan besar pengaruh perubahan aktifitas ekonomi regional dan internasional terhadap aktifitas ekonomi agregat Provinsi Sumatera Utara.
Metode yang dipakai untuk dapat mencapai tujuan jangka panjang dan target khusus yang ingin dicapai adalah membentuk model mekanisme transmisi kebijakan ekonomimakro Provinsi Sumatera Utara, sehingga integrasi variabel ekonomi internasional, nasional dan regional dengan variabel-variabel ekonomi Provinsi Sumatera Utara dapat diukur. Proyeksi secara komprehensif terhadap indikator ekonomimakro Provinsi Sumatera Utara hanya dapat dilakukan melalui pembentukan model yang akan diteliti dan metode proyeksi indikator ekonomi daerah yang akan digunakan adalah dynamic-stochastic simulation dengan spesifikasi probabilitas distribusi stochastic term error dan penaksir parameter tertentu dari model.
Untuk menghasilkan pembentukan model mekanisme transmisi kebijakan ekonomimakro Provisi Sumatera Utara tersebut, rencana kegiatan yang diusulkan untuk tahun pertama adalah membentuk dan menghasilkan model penawaran dan permintaan agregat provinsi Sumatera Utara yang bisa dijadikan sebagai alat untuk uji teori, proyeksi (peramalan) dan evaluasi kebijakan. Tahun kedua membentuk dan menghasilkan model harga-harga umum yang berguna untuk menaksir parameter persamaan perilaku dan proyeksi nilai tukar rupiah, harga-harga umum daerah, harga-harga ekspor dan harga-harga impor daerah,harga-harga umum nasional, dan tingkat inflasi daerah sedangkan di Tahun Ketiga rencana kegiatan yang diusulkan adalah mengintegrasikan model hasil tahun pertama dan tahun kedua dengan aktivitas perekonomian daerah melalui anggaran keuangan daerah dan juga aspek perbankan sehingga menghasilkan model mekanisme transmisi kebijakan makroekonomi provinsi Sumatera Utara yang mampu menjawab semua masalah yang ingin dicapai dari target khusus yang ditetapkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Keywords: makroekonomi; kebijakan; pengembangan fundamental
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD72 Economic growth, development, planning
H Social Sciences > HG Finance > HG8011 Insurance > HG8111 Government policy. State supervision
H Social Sciences > HG Finance > HG8011 Insurance > HG8751 Life insurance > HG8901 Government policy. State supervision HG8941-9200.5 By region or country
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Jun 2023 15:15
Last Modified: 19 Jun 2023 15:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53087

Actions (login required)

View Item
View Item