Pendekatan MARI H2H dalam Pembimbingan PPL PPG Prajabatan

Yunita, Sri and Purwanto, Haris Sri (2021) Pendekatan MARI H2H dalam Pembimbingan PPL PPG Prajabatan. In: Seminar Nasional Kerjasama Tanoto Foundation dengan 4 LPTK, 3 4 November 2021, Jakarta.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan inovasi pembimbingan menggunakan pendekatan
MARI H2H (Motivasi, Aksi, Refleksi, dan Inovasi, Heart to Heart) pada PPL PPG Prajabatan di
UNIMED. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas berkelanjutan dengan
desain Collaborative Nested Action Research (C-NAR). Subjek dalam penelitian berjumlah 2
mahasiswa PPG. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembimbingan menggunakan
pendekatan MARI H2H membuat mahasiswa merasa nyaman melakukan kegiatan tanpa
terbebani sesuatu apapun. Mahasiswa leluasa berkomunikasi untuk menyatakan pendapat,
keluhan, bahkan menjadi tempat curah pendapat di saat harus dihadapkan pada situasi kegiatan
PPL, peserta latsar CPNS, bahkan harus menyesuaikan dengan budaya setempat yang berbeda.
Hal yang tidak kalah pentingnya adalah mahasiswa melakukan inovasi berkelanjutan dan terus
berupaya menjadi guru yang reflektif dalam setiap pembimbingan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: pendekatan MARI H2H, PPG prajabatan, guru reflektif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 15 Jun 2023 17:17
Last Modified: 15 Jun 2023 17:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52979

Actions (login required)

View Item
View Item