UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMAHAMAN BACAAN DIRECTED READING TINKING ACTIVITY (DRTA)

Padrita, Efi and Sitompul, Harun and Mursid, R (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMAHAMAN BACAAN DIRECTED READING TINKING ACTIVITY (DRTA). Jurnal Teknologi Pendidikan, 11 (02). pp. 111-125. ISSN 1979-6692

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui: (1) keaktifan siswa selama proses pembelajaran pemahaman bacaan bahasa inggris dengan menggunakan strategi pembelajaran DRTA (DRTA); (2 peningkatan kemampuan pemahaman bacaan bahasa inggris dengan menerapkan strategi pembelajaran DRTA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pembelajaran bahasa inggris diterapkan dengan strategi pembelajaran DRTA dan telah berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Hal ini diketahui berdasarkan data observasi yang menunjukkan peningkatan keaktifan siswa selama siklus tindakan langsung. Pada siklus pertama terdapat 66,66 % siswa yang aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Selanjutnya jumlah ini meningkat pada siklus kedua menjadi 91,66 % siswa yang aktif di kelas. Pembelajaran bahasa inggris dengan menerapkan strategi pemahaman bacaan DRTA dapat meningkatkan kemampuan memahami bacaan pada siswa. Berdasarkan pre test sebelum tindakan terdapat 36,11% siswa memiliki kemampuan memahami bacaan ≥ 70. Setelah dilaksanakan tindakan maka terjadi peningkatan yaitu pada siklus pertama terdapat 61,11 % siswa yang memperoleh nilai ≥ 70. Namun karena persentase tersebut belum memenuhi indikator keberhasilan tindakan maka dilakukan siklus kedua. Setelah siklus kedua dilaksanakan maka terjadi peningkatan kemampuan memahami bacaan siswa menjadi 86, 11% siswa yang memperoleh nilai ≥ 70.

Item Type: Article
Additional Information: 418.4 Pad u
Keywords: Pemahaman bacaan; Directed reading tinking activity; Hasil belajar; Strategi pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:17
Last Modified: 05 Jun 2023 08:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52412

Actions (login required)

View Item
View Item