PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR HADITS SISWA KELAS VII MTS. PESANTREN AR-RAUDHATUL HASANAH MEDAN

Anwar, Kairul and Sitompul, Harun (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR HADITS SISWA KELAS VII MTS. PESANTREN AR-RAUDHATUL HASANAH MEDAN. Jurnal Teknologi Pendidikan, 09 (02). pp. 164-176. ISSN 1979-6692

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran hypnoteaching lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran ekspositori, hasil belajar Hadits siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dari siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik, dan interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Hadits. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Temuan penelitian menunjukkan : (1) hasil belajar Hadits siswa yang diajar dengan metode pembelajaran hypnoteaching lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ekspositori, (2) hasil belajar Hadits siswa yang memiliki gaya belajar visual lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Hadits siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik, dan (3) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Hadits siswa. Siswa yang memiliki gaya belajar visual memiliki hasil belajar lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik yang di ajar dengan metode pembelajaran hypnoteaching.

Item Type: Article
Additional Information: 297.125 Anw p
Keywords: Metode pembelajaran; Gaya belajar; Hasil belajar; Hadits
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP100 Sacred books > BP135 Hadith literature. Traditions. Sunna
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:37
Last Modified: 24 Jun 2023 17:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52396

Actions (login required)

View Item
View Item