ANALISA PENJADWALAN MAIN WORK DENGAN METODE CPM DAN PDM PADA PROYEK JALAN TOL TEBING TINGGI-PARAPAT

Fikti, Ali Akbar and Luthan, Putri Lynna A. (2021) ANALISA PENJADWALAN MAIN WORK DENGAN METODE CPM DAN PDM PADA PROYEK JALAN TOL TEBING TINGGI-PARAPAT. Jurnal Engineering Development, 1 (1). pp. 7-15. ISSN ISSN 2777-113X (online)

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview

Abstract

Proyek adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan waktu dan sumber daya terbatas untuk mencapai hasil akhir yang ditentukan. Proyek pada umumnya memiliki batas waktu (deadline) sehingga proyek harus diselesaikan sebelum atau tepat pada waktu yang telah ditentukan. Agar suatu proyek berjalan dengan efesien maka harus dilakukan penjadwalan yang baik. Network planning merupakan salah satu teknik penjadwalan yang digunakan untuk membantu memutuskan berbagai masalah, khususnya perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian proyek. Metode penjadwalan yang memiliki banyak kelebihan yaitu CPM (Critical Path Method) dan PDM (Precedence Diagram Method). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Berdasarkan hasil perhitungan dengan CPM diperoleh waktu pengerjaan main work sta. 19+500 – 20+325 adalah selama 345 hari, sedangkan berdasarkan perhitungan dengan PDM diperoleh waktu pengerjaan main work sta. 19+500 - 20+325 adalah selama 355 hari. Penjawalan dengan PDM memiliki waktu pengerjaan yang lebih pendek dibandingkan dengan CPM karena PDM menampung kemungkinan kegiatan boleh dimulai sebelum kegiatan yang mendahuluinya selesai 100%.

Item Type: Article
Keywords: CPM; PDM; Penjadwalan Proyek
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE210 Construction details Including foundations, maintenance, equipment
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 May 2023 05:37
Last Modified: 22 May 2023 05:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52204

Actions (login required)

View Item
View Item