Lubis, Rizka Fadhillah (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Koperatif Tipe Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 6 Subtema 3 di SD Negeri 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183311069_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1183311069_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
3. NIM. 1183311069_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. NIM. 1183311069_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM. 1183311069_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 1183311069_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1183311069_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1183311069_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183311069_BAB I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
13. NIM. 1183311069_BAB V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
14. NIM. 1183311069_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil sebelum menerapkan model pembelajaran koperatif tipe picture and picture, untuk mengetahui hasil sesudah menerapkan model pembelajaran koperatif tipe picture and picture dan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Koperatif Tipe Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 6 Subtema 3 di SD Negeri 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis T.A 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, Desain dalam penelitian ini menggunakan metode Pre- Experimental berbentuk One-Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 104231 Sugiharjo yang berjumlah 20 siswa dimana terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 104231 Sugiharjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan tes. Sedangkan teknik analisis data data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pretest atau sebelum diberikan perlakuan yaitu 47.25, sedangkan untuk rata-rata hasil belajar posttest atau setelah diberikan perlakuan yaitu 79. Hasil uji normalitas pretest dengan taraf signifikansi ɑ = 0,05 dengan kriteria pengujian normalitas yaitu yaitu 0,1531 < 0,1981 sedangkan hasil uji normalitas posttest 0,1521 < 0,1981 maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Uji homogenitas dengan kriteria dengan hasil 1.2720 < 2.1683 maka dapat disimpulkan bahwa data homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan maka langkah terakhir adalah dengan melakukan uji hipotesis dari perhitungan data yang telah dilakukan. Uji hipotesis ini dilakukan dengan membandingkan dan . Apabila > maka Ha diterima dan Ho ditolak, begitu sebaliknya apabila < maka Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan perhitungan diperoleh = 21.05918 dan = 2.0930 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bawa ada efektivitas yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe picture and picture dikelas V SD Negeri 104231 Sugiharjo Kecamatan Batang Kuis T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajran; Koperatif Tipe Picture and Picture |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 02:44 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48762 |