EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU MINI RISET MIKROBIOLOGI TERAPAN PADA HASIL BELAJAR PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA

Hasruddin and Manurung, Binari and Sembiring, Puput Irawaty (2014) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU MINI RISET MIKROBIOLOGI TERAPAN PADA HASIL BELAJAR PRAKTIKUM DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview

Abstract

Mikrobiologi merupakan materi wajib bagi mahasiswa agar dapat mengaplikasikan manfaat mikroorganisme di sekitar untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Selama inimahasiswa belum mepunyai buku penuntun berbasis mini riset dalam melaksanakan pembelajaran Mikrobiologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas buku penuntun praktikum berbasis mini riset pada hasil belajar materi mikrobiologi dan keterampilan proses mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester VI S-1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Medan. Data diperoleh melalui uji efektivitas. Hasil penelitian bahwa dengan data hasil penelitian menunjukkan rata- rata 82% dan 85% dengan kategori efektif pada keterampilan proses mahasiswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 570 Sem e
Keywords: Buku Mini Riset; Mikrobiologi Terapan; Keterampilan Proses Sains; Hasil Belajar; Praktikum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 May 2016 10:28
Last Modified: 18 May 2016 10:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4833

Actions (login required)

View Item
View Item