PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Prastowo, Puji and Harahap, Miftah Arina (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan Problem Based Learning pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 11 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yaitu kelas X8 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas X7 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Masing-masing kelas berjumlah 33 orang siswa, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 orang siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada materi pencemaran lingkungan adalah 79,30 ± 10,86, sedangkan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) adalah 77,07 ± 8,59. Meskipun hasil belajar berbeda, namun hasil uji statistik menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) pada materi pencemaran lingkungan pada a = 0,05.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 570 Har p
Keywords: Project Based Learning; Problem Based Learning; Model Pembelajaran; HasilBelajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD172 Environmental pollution
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD172 Environmental pollution
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 May 2016 04:36
Last Modified: 20 May 2016 04:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item
View Item