PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA SWASTA R.A.KARTINI SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 203/2014

Harsono, Tri and Ramadhani, Lailly (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA SWASTA R.A.KARTINI SEI RAMPAH TAHUN PEMBELAJARAN 203/2014. In: Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 23 Aug 2014, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta R.A. Kartini Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2013/2014. Kelas yang digunakan sebagai sampel adalah kelas X-1 dan kelas X-2 SMA. Sampel ditentukan secara total sampling (sampel penuh). Untuk kelas X-1 menggunakan model inkuiri sedangkan kelas X-2 menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Rata-rata hasil belajar siswa pada kelas inkuiri adalah 81,139 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas pembelajaran berbasis masalah adalah 75,876. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-tdan taraf kepercayaan a = 0,05 dimana thitung 2,151 > ttabel 1,668. Maka H0 ditolak dan Haditerima. Disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model inkuiri dan model pembelajaran berbasis masalah pada materi pokok pencemaran lingkungan di kelas X SMA Swasta R.A. Kartini Sei Rampah Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 570 Ram p
Keywords: Model Inkuiri; Pembelajaran Berbasis Masalah; Pencemaran Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD172 Environmental pollution
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD172 Environmental pollution
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 May 2016 05:07
Last Modified: 20 May 2016 05:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4825

Actions (login required)

View Item
View Item