KAJIAN LICHENS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI UNIVERITAS NEGERI MEDAN DENGAN PENILAIAN FORTOFOLIO

Hasairin, Ashar (2019) KAJIAN LICHENS DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI UNIVERITAS NEGERI MEDAN DENGAN PENILAIAN FORTOFOLIO. Technical Report. LPPM, Medan.

[thumbnail of Full Text.pdf]
Preview
Text
Full Text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lichens merupakan salah satu kelompok organisme yang belum banyak mendapat
perhatian. liken merupakan organisme ganda yang khas dihasilkan oleh asosiasi erat antara dua
kelompok organisme yang hidup bersama, yaitu antara fungi (jamur) dan alga (ganggang),
sehingga secara morfologi dan fisiologi merupakan satu kesatuan. simbiosis antara jamur dan
alga terjadi penafsiran yang berbeda, ada yang menafsirkan sebagai mutualisme, karena
dipandang keduanya dapat memperoleh keuntungan dan hidup bersama. penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui keanekaragaman, indeks keanekaragaman, perbandingan jenis, pola distribusi,
pola kekerabatan, karakteristik ekologi (faktor fisik-kimia lingkungan) lichens yang tumbuh
epifit pada pohon dan batuan di kawasan hutan wisata Tahura Bukit Barisan Tongkoh,
Kabupaten Karo. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan menggunakan penilaian model
portofolio dapat memacu motivasi belajar mandiri, meningkatkan kemampuan dan prestasi
belajar dalam penguasaan konsep pada perkuliahan dan praktikum. mahasiswa menyusun,
merangkum kegiatan praktikum dengan penguasaan materi, konsep dan terminologi pada
pembelajara dan lichens melalui bentuk penilaian portofolio. Hasil penelitian ini diharapkan
dapat memberikan informasi tentang jenis lichens yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam
pembelajaran dan penelitian di jurusan biologi FMIPA Unimed. Lichens berpotensi sebagai
bioindikator pencemaran udara dapat dijadikan sebagai metode alternatif pemantauan kualitas
udara yang murah lebih sederhana, efektif, akurat dan ramah lingkungan di masa yang akan
datang. Penelitian dilaksanakan Juli 2019 hingga Nopember 2019.
Metode penelitian bersifat deskriptif dengan cara Survey Eksploratif dilakukan penelusuran
langsung ke lokasi penelitian. Teknik sampling secara “Purpossive sampling”. Identifikasi pada
setiap jenis Lichens yang ditemukan dilakukan di lapangan dan laboratorium dengan cara
mencocokkan dengan gambar dan dibantu dengan buku rajukan, laporan, catatan, terminologi,
yang berhubungan dengan Lichens. Semua data-data penting yang berkaitan dengan tumbuhan
liken dicatat. Data-data ini kemudian disusun dalam tabel dan untuk merinci kondisi kehidupan
dari liken. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media dan spesimen
langsung. Selanjutnya dilakukan penilaian keaktifan dilihat dari kerajinan, kerapian laporan,
ketelitian, dan kemandirian dalam pengajaran dan praktikum Analisis evaluasi digunakan dengan
menghitung persentase keberhasilan, sedang pengukuran kemampuan mahasiswa belajar mandiri dari hasil penyusunan model jurnal praktikum dan dihitung secara persentase kelulusan mengacu
pada buku pendoman penilaian di UNIMED Medan.
Hasil penelitian ditemukan 18 jenis lichenes dari 9 genus dengan 2 tipe talus (Foliose dan
Crustose). Tipe talus Fructicose dengan scuamulose tidak ada ditemukan. Penilain pembelajaran
pretes ke nilai postes dari nilai A, B dan C kumulatif 51,71%, sedangkan kriteria nilai D dan E
mengalami penurunan dari pretes ke nilai postes secara kumulatif 31,42%. Secara keseluruhan
penilaian keaktifan mahasiswa pada waktu praktikum terlihat kekurangan pada masalah
ketelitian. Tingkat pengetahuan yang dimiliki mahasiswa bervariasi dari beberapa pengetahuan
awal yang dimiliki tidak sesuai dengan konsep pada materi lichens. Kekurangan mahasiswa pada
penguasaan materi terlihat pada penentuan talus, ciri-ciri morfologi dan habitat tumbuhnya.
Media pengajaran yaitu berupa model (awetan tumbuhan) dibutuhkan mahasiswa dalam materi
lichens dapat digunakan dengan herbarium.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Keywords: liken; orgasme ganda; morfologi; fisiologi; lichenes
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 13 Jun 2022 12:57
Last Modified: 13 Jun 2022 13:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46124

Actions (login required)

View Item
View Item