PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF POWER POINT MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SDN 101928 RANTAU PANJANG T.A 2020/2021

ARPAH, SITI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF POWER POINT MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SDN 101928 RANTAU PANJANG T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1173311124_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1173311124_COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1173311124_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1173311124_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1173311124_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1173311124_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1173311124_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1173311124_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1173311124_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1173311124_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1173311124_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1173311124_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1173311124_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1173311124_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1173311124_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1173311124_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1173311124_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1173311124_BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1173311124_BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1173311124_BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1173311124_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1173311124_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangankan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif power point, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif power point, dan 3) mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis multimedia interaktif power point materi sistem peredaran darah pada manusia di kelas V berdasarkan hasil uji coba lapangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and development) dengan metode pengembangan Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 101928 Rantau Panjang, ahli media, ahli materi dan praktisi Pendidikan yaitu guru kelas V dan objek penelitian adalah pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif Power point. Data yang yang dikumpulkan berupa hasil penelitian mengenai hasil keefektifan penggunaan multimedia interaktif dan kualitas produk menggunakan kuesioner skala 4 serta saran untuk merevisi produk. Berdasarkan hasil penelitian 1) multimedia interaktif power point dikembangkan dengan 10 tahapan, yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk (skala kecil), revisi produk, uji coba lapangan (skala besar), revisi, dan produk massal, 2) hasil validasi ahli materi termasuk katagori sangat baik (3,7) persentase kelayakan 92,5% tergolong dalam katagori sangat layak, media pembelajaran berbasis multimedia interaktif power point katagori sangat baik (3,66) persentase kelayakan 91,8% tergolong dalam katagori sangat layak, praktisi pendidikan yaitu merupakan guru kelas V-C katagori sangat baik (3,83) persentase kelayakan 95,8% yang tergolong dalam katagori sangat layak.
Hasil uji coba peserta didik skala kecil dengan menggunakan 8 orang peserta didik. Hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif Power point memperoleh rata-rata 3,9 yang tergolong dalam katagori sangat baik dan persentase kelayakan 97,5% tergolong dalam katagori sangat layak. Dan hasil pre-test peserta didik 0 tidak ada yang mencapai nilai di atas KKM, dan hasil belajar (post test) peserta didik pada tahap awal/ skala kecil memperoleh hasil 87,5% dengan katagori Efektif. Sedangkan hasil uji coba lapangan pada skala besar menggunakan seluruh peserta didik kelas V-C yang berjumlah 22 orang. Respon Peserta Didik pada uji lapangan memperoleh rata-rata 3,83 dengan katagori “sangat baik” dan persentase kelayakan 95,65%. Sedangakan hasil pre-test peserta didik 9,5% tergolong dalam katagori tidak efektif dan setelah peneliti memberikan materi pelajaran menggunakan multimedia interaktif power point mendapatkan nilai rata-rata 86,36% yang tergolong efektif untuk digunakan sebagai media belajar peserta didik di kelas.
Berdasarkan hasil hasil validasi kelayakan media dari sepuluh tahapan, maka rata-rata penilaian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif power point dinyatakan “Sangat Baik” (3,78) dan “Sangat Layak” (94,6%) untuk digunakan sebgai media pembelajaran khusus pada tema 4 “Sehat Itu Penting” subtema 1 “ Peredaran Darahku Sehat” pembelajaran 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Research and Development, Media Pembelajaran Interaktif, Power Point.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:18
Last Modified: 14 Jan 2022 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44502

Actions (login required)

View Item
View Item