PENGEMBANGAN DESAIN CENDERAMATA BERBASIS LOCAL WISDOM DI AZURA STICKER DESA TANJUN SARI KEC. BATANG KUIS KAB. DELI SERDANG SUMATERA UTARA

Atmojo, Wahyu Tri and Hidayat and Misgiya (2021) PENGEMBANGAN DESAIN CENDERAMATA BERBASIS LOCAL WISDOM DI AZURA STICKER DESA TANJUN SARI KEC. BATANG KUIS KAB. DELI SERDANG SUMATERA UTARA. In: Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Di Era New Normal Melalui Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat", 8 September 2021, LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun 2021 ini melibatkan mitra Azura Sticker yang bergerak pada bidang Cutting Sticker. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah (1) Keterbatasan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam pengembangan desain dan diversifikasi produk cenderamata khususnya pada piring melamin dan bingkai fiber berbasis local wisdom Sumatera Utara; (2) Keterbatasan pengetahuan mitra dalam mengelola, mengembangkan usaha, dan memasarkan produk Cutting Sticker. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah (1) memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang manfaat dari kegiatan pelatihan pembuatan desain cenderamata pada Piring Melamin dan Bingkai Fiber; (2) memberikan pelatihan Cutting Sticker secara langsung dimulai pembuatan desain hingga proses pembuatan cenderamata pada piring melamin dan bingkai fiber serta pemasaran produk yang dihasilkan. Metode pendekatan yang digunakan adalah pelatihan, demonstrasi, praktek langsung, dan pendampingan secara intens dan berkelanjutan. Luaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah 10 Desain Cenderamata yang diaplikasikan pada 10 Produk Prototype Piring Melamin dan 10 Bingkai Fiber yakni: Istana Maimun, Menara Air Tirtanadi, Rumah Adat Simalungun, Rumah Adat Nias, Mesjid Raya, Rumah Adat Mandailing, Rumah Adat Karo, Rumah Adat Toba, Rumah Adat Pak-Pak dan Rumah Adat Melayu.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keywords: Desain; Cenderamata; Local Wisdom
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC997 Commercial art. Advertising art
N Fine Arts > NK Decorative arts
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 17 Nov 2021 10:08
Last Modified: 19 Nov 2021 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43757

Actions (login required)

View Item
View Item