PERAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENCIPTAKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN DARING DI SMP SWASTA GKPI MEDAN

Sitanggang, Lecia Veronica and Siagian, Perlita Herlina and Gafari, M. Oky Fardian (2021) PERAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM MENCIPTAKAN KEAKTIFAN PEMBELAJARAN DARING DI SMP SWASTA GKPI MEDAN. Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar. pp. 279-286. ISSN 978-623-6984-13-0

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (593kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam melakasanakan pembelajaran daring di SMP Swasta GKPI Padang Bulan Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara melalui media Zoom Meeting. Dimana subjek penelitian ini ialah seorang guru Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis penelitian, guru sudah mampu menerapkan pembelajaran daring yang dapat diikuti oleh siswa. guru sudah dikatakan mampu dalam menjalankan perannya sebagai pendidik, pembimbing, pelatih, dan lain sebagainya. Proses belajar mengajar yang berlangsung secara daring bersifat aktif, interaktif dan kondusif karena guru dapat menguasai setiap individu dengan baik dan siswa menghargai guru dan sesamanya dengan baik.

Item Type: Article
Keywords: guru; daring; bahasa Indonesia; SMP GKPI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 13 Oct 2021 03:46
Last Modified: 13 Oct 2021 03:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43412

Actions (login required)

View Item
View Item