Penerapan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah Terintegrasi Karakter Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Asam Basa Di Perguruan Tinggi

Husna, Nisyya Syarifatul and Muchtar, Zainuddin and Eddiyanto (2020) Penerapan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah Terintegrasi Karakter Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Asam Basa Di Perguruan Tinggi. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2020, 12 Desember 2020, Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar larutan asam basa dengan penerapan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Masalah Terintegrasi Karakter di salah satu universitas swasta di kota medan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling sebanyak 60 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yakni kelas eksperimen I menggunakan LKM berbasis masalah terintegrasi karakter, sedangkan kelas eksperimen II tanpa menggunakan LKM. Rerata N-Gain hasil belajar mahasiswa menggunakan Lembar Kerja Mahasiwa berbasis masalah terintegrasi karakter sebesar 0,83 (tinggi). Hasil uji statistik Paired sample T-Test menunjukkan nilai Sig. (2- Tailed) = 0,000, yang berarti LKM berbasis masalah terintegrasi karakter dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu penerapan LKM berbasis masalah terintegrasi karakter dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan efektif digunakan dalam pembelajaran pada materi larutan Asam Basa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Penerapan; LKM; Berbasis Masalah; Terintegrasi Karakter; Asam Basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Sep 2021 08:53
Last Modified: 07 Sep 2021 08:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43171

Actions (login required)

View Item
View Item