ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI GENETIKA DI SMA NEGERI SE-KOTA SIBOLGA

Hasibuan, Masdiani (2014) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI GENETIKA DI SMA NEGERI SE-KOTA SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126173015 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8126173015 Judul.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126173015 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126173015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126173015 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126173015 Abstrak.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126173015 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126173015 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126173015 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126173015 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126173015 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126173015 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126173015 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126173015 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126173015 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126173015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126173015 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126173015 Bab I.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126173015 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126173015 Bab V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126173015 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126173015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Sub materi genetika yang mengalami kesulitan belajar terbesar, (2) indikator materi genetika yang mengalami kesulitan terbesar; (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada materi genetika; (4) Perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan gender; dan Perbedaan hasil belajar siswa antara kelas unggulan dengan kelas biasa. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitan ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XII yang berasal dari tiga SMA Negeri se- kota Sibolga, yaitu SMA Negeri 1Sibolga, SMA Negeri 2 Sibolga, dan SMA Negeri 3 Sibolga. Teknik pengambilan sampel yaitu digunakan teknik sampel total. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan instrumen tes pilihan berganda untuk penguasaan materi, angket, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik persentase dan ANAVA dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian berdasarkan tes penguasaan materi menunjukkan bahwa 558 orang siswa yang mengikuti tes sebanyak 74 orang siswa (12,7%) yang tuntas dan 487 orang siswa (87,3%) yang tidak tuntas. Berdasarkan sub materi, 58,82% ada pada Hukum Mendel, 52,15% ada pada mutasi, 35,51% ada pada hereditas manusia, 27,96% ada pada kromosom, gen, dan DNA, 27,94% ada pada sintesis protein, dan 27,18% ada pada pembelahan sel. Sedangkan berdasarkan indikator, 60,24% ada pada menerapkan beberapa pola hukum Mendel, 58,62% ada pada mendeskripsikan berbagai model mutasi gen, 57,88% ada pada menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel, 42,44% ada pada mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom, 38,94% ada pada mendeskripsikan pewarisan sifat dari orang tua kepada keturunannya, 38,86% ada pada mendeskripsikan struktur RNA, 33,23% ada pada menerapkan pola-pola hereditas pada manusia, 32,22% ada pada mendeskripsikan proses sintesis protein, 30,19% ada pada mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis, 29,05% ada pada mendeskripsikan tahapan gametogenesis, 28,81% ada pada membedakan DNA dan RNA, 21,53% ada pada menjelaskan kode genetik (kodon), dan 16,64% ada pada mendeskripsikan struktur DNA. Faktor internal penyebab kesulitan belajar yaitu minat sebesar 50,84%, motivasi sebesar 37,13%, dan bakat sebesar 44,52%, sedangkar faktor eksternal yaitu guru sebesar 50,59%, ketersediaan dan penggunaan laboratorium sebesar 47,10% dan ketersediaan buku sebesar 38,6%. Tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan pada materi genetika. Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan di kelas unggulan dibandingkan dengan kelas reguler, dimana hasil belajar siswa kelas unggulan lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa kelas reguler.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 576.507 12 Has a
Keywords: Kesulitan belajar; Kelas unggulan; Kelas biasa; Genetika; Gender
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 24 May 2016 03:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4255

Actions (login required)

View Item
View Item