SIMANJUNTAK, SRINITA LIDYA (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELASX OTKP SMK PAB 2 HELVETIA T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM 7`161144037 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2 NIM 7161144037 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (898kB) | Preview
3 NIM 7161144037 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4 NIM 7161144037 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5 NIM 7161144037 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6 NIM 7161144037 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
7 NIM 7161144037 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8 NIM 7161144037 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
9 NIM 7161144037 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
13 NIM 7161144037 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
14 NIM 7161144037 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi Kelas X OTKP 3 SMK PAB 2 Helvetia dengan menerapkan model pembelajaran
CORE. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 155 siswa, pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Purposive Sample. Instrument tes penelitian terdiri dari soal pilihan berganda serta angket kemampuan berpikir kritis. Sebelum digunakanan soal pilihan berganda dan angket tersebut diuji terlebih dahulu. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan
uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis secara parsial (uji-t). Dari hasil analisis data saat Pretest dan Posttest diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal dengan sig.>0,05 dan homogen dengan sig.>0,05. Sedangkan hasil analisis data kemampuan berpikir kritis saat Pretest dan Posttest berdistribusi normal (sig.>0,05) dan homogen (sig.>0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa : 1). Hasil kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh thitung13,889 dengan sig < 0,05 dengan sig.0,000; 2). Hasil belajar siswa diperoleh thitung 23,275 dengan sig < 0,05 dengan sig.0,000, dalam hal ini kedua hipotesis tersebut diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disipulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi kelas X OTKP SMK PAB 2 Helvetia T.P 2019 / 2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 29 May 2021 01:45 |
Last Modified: | 29 May 2021 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42228 |