Nasution, Sahfitri Wirdani (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163131025 COVER.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
2. NIM. 4163131025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
3. NIM. 4163131025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
4. NIM. 4163131025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (832kB) | Preview
5. NIM. 4163131025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM. 4163131025 TABLES.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
7. NIM. 4163131025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
8. NIM. 4163131025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
9. NIM. 4163131025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4163131025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
14. NIM. 4163131025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kimia berbasis kontekstual pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI SMA serta mengujicobakan bahan bahan ajar yang dilakukan di SMA Swasta Sinar Husni Medan. Populasi penelitian ini adalah buku ajar kimia SMA, populasi dosen, populasi guru, populasi siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 penerbit buku ajar kimia XI SMA, 2 orang dosen kimia unimed, 2 orang guru SMA Swasta dan Negeri, dan 2 kelas siswa. Tehnik pengambilan sampel adalah purposive random sampling yakni kelas eksperimen menggunakan bahan ajar hasil pengembangan dan kelas kontrol menggunakan buku ajar yang digunakan sekolah. Tahap penelitian dimulai dari tahap analisis, tahap pengembangan, tahap validasi, tahap revisi, dan tahap uji coba. Instrumen penelitian ini adalah angket validasi bahan ajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar yang telah di daya pembeda, tingkat kesukaran, reliabilitas, dan validitas. Hasil analisis bahan ajar hasil pengembangan diperoleh skor rata-rata penilaian sebesar 3,78 kategori sangat layak. Hasil analisis data aktivitas belajar siswa berdasarkan uji t tes diperoleh t hitung (7,1284) > t tabel (1,6749) berarti aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar hasil pengembangan lebih tinggi dibandingkan aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan buku pegangan siswa yang digunakan disekolah. Hasil analisis data hasil belajar siswa berdasarkan uji t tes diperoleh t hitung (3,7269) > t tabel (1,6749) berarti hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar hasil pengembangan lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan buku pegangan siswa yang digunakan disekolah. Dengan demikian bahan ajar kimia berbasis kontekstual pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI SMA telah layak digunakan dan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar, Bahan Ajar, Hasil Belajar, Kesetimbangan Kimia, Kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 03:38 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41681 |