Optimalisasi Desain Promosi Media Sosial Dan Manajemen Pemasaran Usaha Club Parfum Di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Surip, M. and Wuriyani, Elly Prihasti and SN, Raden Burhan (2021) Optimalisasi Desain Promosi Media Sosial Dan Manajemen Pemasaran Usaha Club Parfum Di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi. pp. 194-198. ISSN 978-602-50131-7-1

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
Official URL: lppm.unimed.ac.id

Abstract

Club Perfume Tembung dan Bandar Klippa ini unit usaha di bidang wewangian di di jalan Medan – Batang Kuis. Unit usaha ini fokus pada isi ulang (refill) minyak wangi. Kedua unit usaha ini memiliki masalah manajemen pemasaran produk yang diseabkan menjamurnya toko parfum, menurunnya daya beli karena wabah virus COVID-19, dan kurang optimalnya penggunaan media sosial dalam menjalin relasi dengan kostumer. Oleh karena itu, diperlukan pengelolahan dan promosi untuk meningkatan daya saing. Metode pelaksanannya yang digunakan yaitu dengan pengamatan langsung serta observasi melalui wawancara dengan mitra terkait kondisi yang terjadi. Selanjutnya menanalisis masalah lalu menentukan solusi yang akan dibuat. Solusi yang diusulkan oleh pengabdi adalah perubahan pola pemasaaran konvensional dan online yang berfungsi untuk mengumpulkan (collect) data konsumen/pelanggan. Kemudian pengoptimalan 2 chanel marketing yakni email dan media sosial Instagram untuk menjalin hubungan kedekatan dengan kostumer. Marketing online berupa desain konten visual multimedia. Hasil diperoleh luaran bentuk komunikasi visual yang diunggah di dua chanel tersebut dan juga materi bundling yang memanfaatkan situasi terkini: Stay At Home.

Item Type: Article
Keywords: desain; promosi online; pemasaran; parfum
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5410 Marketing. Distribution of products
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 24 Feb 2021 05:13
Last Modified: 24 Feb 2021 05:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41349

Actions (login required)

View Item
View Item