ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Meliala, Tekang R.S (2019) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII DI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4151141057 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4151141057 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4151141057 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4151141057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4151141057 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4151141057 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4151141057 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4151141057 PREFACE.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4151141057 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4151141057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4151141057 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4151141057 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4151141057 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4151141057 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4151141057 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4151141057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran biologi kelas XII di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan secara kuantitatif (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh), kualitatif (materi, konstruksi dan bahasa), dan berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Analisis secara kuantitatif untuk validitas soal, pada multiple choice 25% valid dan 75% tidak valid, pada soal esai 50% valid dan 50% tidak valid. Reliabilitas soal multiple choice 0,39 tergolong rendah dan esai 0,82 termasuk sangat tinggi. Untuk tingkat kesukaran pada multiple choice kategori mudah 0%, sedang 45% dan sukar 55%, pada soal esai kategori mudah 10%, sedang 90% dan sukar 0%. Untuk daya beda pada soal multiple choice kategori daya beda buruk 55%, cukup 15%, baik 25% dan baik sekali 5%, pada soal esai kategori buruk 0%, cukup 20%, baik 60% dan baik sekali 20%. Untuk efektifitas pengecoh pada soal multiple choice soal yang sangat baik 20%, baik 25%, cukup baik 25%, kurang baik 20% dan buruk 10%. (2) Analisis secara kualitatif dari aspek materi, soal sudah memenuhi syarat dimana multiple choice mencapai nilai 90,35% dan esai 94,98%. Dari aspek konstruksi, soal sudah memenuhi syarat dimana multiple choice mencapai nilai 88,85% dan esai 74,16%. Dari aspek bahasa, soal sudah memenuhi syarat dimana multiple choice mencapai nilai 82,47% dan esai 100%. (3) Persebaran soal berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom untuk C1 (7%), C2 (30%), C3 (30%), C4 (23%), C5 (10%) dan C6 (0%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 150
Keywords: Analisis butir soal; Pelajaran biologi; Soal ujian akhir semester; Taksonomi bloom; Evaluasi; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:19
Last Modified: 30 Jul 2020 04:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39992

Actions (login required)

View Item
View Item