PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI BISNIS SISWA

SIANTURI, MONIKA KAROLINA (2019) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI BISNIS SISWA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 01.pdf]
Preview
Text
ATP 01.pdf - Published Version

Download (837kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar ekonomi bisnis siswa kelas X AP
SMK Swasta Taman Siswa Medan, hal ini dimungkinkan karena kurang optimalnya keterampilan
pemberian penguatan dan mengadakan variasi mengajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
pengaruh antara pemberian penguatan dan mengadakan variasi mengajar terhadap motivasi belajar
siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X AP SMK Swasta Taman Siswa Medan T.P
2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Taman Siswa Medan yang berlokasi di Jalan
Sabaruddin No. 8 Sei Rengas Permata, Medan Area. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa X AP SMK Swasta Taman Siswa Medan yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan
sampel yang dilakukan adalah total sampling dimana sampel penelitian ini berjumlah 60 orang.
Instrument penelitian yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Uji instrument penelitian
menggunakan uji validitas dan uji realibilitas yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 22.0.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji lineritas, uji multikolinearitas, regresi
linear berganda, dan uji hipotesis, yaitu uji t, uji F, uji determinasi yang dilakukan menggunakan
aplikasi SPSS versi 22.0. Hasil uji t menunjukkan secara parsial pemberian penguatan memiliki
pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai dimana thitung
< ttabel sebesar 1,855 < 2,00 pada taraf signifikansi 95% (α=0,05), variasi mengajar memiliki pengaruh
yang positif signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel sebesar 2,403 > 2,002
pada taraf signifikansi 95% (α=0,05). Dan antara pemberian penguatan dan variasi mengajar secara
bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa didapat dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar
5,375 > 3,16. Hasil perhitungan persamaan regresi linier berganda Y = 30,085 + 0,178 X1 + 0,331X2
dengan koefisien determinasi sebesar 0,159. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
pemberian penguatan dan variasi mengajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
motivasi belajar ekonomi bisnis siswa kelas X AP SMK Swasta Taman Siswa Medan T.P 2019/2020.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pemberian Penguatan; Variasi Mengajar
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG8011 Insurance > HG8059 Business insurance
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 12 Mar 2020 06:58
Last Modified: 12 Mar 2020 06:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38893

Actions (login required)

View Item
View Item