PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Gultom, Martha Ulina (2019) PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 49.pdf]
Preview
Text
ATP 49.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview

Abstract

Peran teknologi dalam dunia Pendidikan sangatlah penting dan memiliki banyak fungsi. Teknologi ini bisa juga membantu dalam meningkatkan setiap proses dalam pembelajaran. Pembelajaran Revolusi Industri 4.0 menuntut siswa untuk menguasai keterampilan, pengetahuan, dan
kemampuan di bidang teknologi. Dalam keprofesionalan seorang pendidik, bisa dipengaruhi oleh teknologi. Apalagi dalam teknologi masa kini membuat sistematis keseharian semakin meningkat dan hal tersebut dapat terwujud. Hal ini dibutuhkan peningkatan kompetensi dan kreativitas guru pastinya. Seorang pendidik harus mampu menguasai pengetahuan dan kemampuan dan harus beradaptasi dengan teknologi baru yang semakin memiliki tantangan global. Tetapi pada kenyataannya, pendidik yang belum memahami dan menguasai serta masih sulitnya untuk
memanfaatkan teknologi membuat siswa sulit dalam hal perkembangan dari setiap materi yang disampaikan. Untuk itu tulisan ini bertujuan mengungkapkan bagaimana menjadi guru abad 21 dengan meningkatkan mutu guru di era revolusi industri 4.0. Penulis menyimpulkan bahwa guru
didalam perkembangan pendidikan abad 21 sekarang ini memiliki tantangan lebih berat dan tugasnya pun lebih kompleks. Peranan guru sangat penting dalam mengelola proses pembelajaran,untuk menghadapi tantangan tersebut. Maka dari itu guru harus memiliki kemampuan yaitu
berpikir kritis, tanggung jawab sosial, kemampuan membangun jaringan, kedisiplinan waktu dan aturan serta kecakapan, keterampilan di abad 21.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Teknologi; Profesionalan; Pendidik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:09
Last Modified: 09 Mar 2020 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38817

Actions (login required)

View Item
View Item