PERBEDAAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VIZUALIZATION, AUDITORY, KINESTIC (VAK) DENGAN MODEL AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITITON (AIR) TEMA "INDAHNYA KEBERSAMAAN" SISWA KELAS IV SDM 107399 BANDAR KHALIPAH T.A 2019/2020

DAMANIK, M TASYA DEWANA (2019) PERBEDAAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VIZUALIZATION, AUDITORY, KINESTIC (VAK) DENGAN MODEL AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITITON (AIR) TEMA "INDAHNYA KEBERSAMAAN" SISWA KELAS IV SDM 107399 BANDAR KHALIPAH T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1153311044_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1153311044_COVER.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1153311044_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1153311044_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (806kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1153311044_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1153311044_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1153311044_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1153311044_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1153311044_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1153311044_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1153311044_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1153311044_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1153311044_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1153311044_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1153311044_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1153311044_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1153311044_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1153311044_BAB I.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1153311044_ BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1153311044_ BAB V.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1153311044_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1153311044_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar siswa menggunakan model Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Dengan Model Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) pada tema Indahnya Kebersamaan siswa kelas IV SDN 107399 Bandar Khalipah T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis quasi eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 107399 Bandar Khalipah Kec. Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 30 siswa dan kelas IV C yang berjumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan dengan perlakuan yang berbeda diperoleh skor di kelas eksperimen 1 yang diberikan
perlakuan dengan model Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) yaitu nilai tertinggi siswa adalah 92,98 masuk dalam kriteria sangat baik dan nilai terendah
adalah 64,84 kriteria cukup, dengan rata-rata 83,61, standar deviasi (SD) 6,35 dan varians 40,38. Kemudian pada kelas eksperimen 2 dengan model Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 92,98 masuk dalam kriteria sangat baik dan nilai terendah adalah 64,84 kriteria cukup,
dengan rata-rata 83,61 standar deviasi (SD) 6,35 dan varians 40,38. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,8014 > 2,002, yang berarti dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa menggunakan model Visualization, Auditory,
Kinestetic (VAK) dengan model Auditory, Intelectually, Repetition (AIR) pada siswa kelas IV SDN 107399 Bandar Khalipah T.A 2019/2020. Untuk itu disarankan agar model ini dapat dijadikan upaya untuk meningkatkan aktivitas
belajar siswa pada saat proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 PGSD 286
Keywords: AKTIVITAS BELAJAR SISWA, VIZUALIZATION, AUDITORY, KINESTIC (VAK) DENGAN MODEL AUDITORY, INTELECTUALLY, REPETITITON (AIR)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 29 Jan 2020 10:25
Last Modified: 15 May 2020 22:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37435

Actions (login required)

View Item
View Item