PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TENDANGAN BUSUR PENCAK SILAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI

Hasibuan, Roni Fathan (2018) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TENDANGAN BUSUR PENCAK SILAT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI. In: Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, SABTU, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[thumbnail of Roni Fathan Hasibuan.pdf]
Preview
Text
Roni Fathan Hasibuan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar tendangan busur. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian, pada saat pre tesse belum diberikan tindakan diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 59,73, dengan ketuntasan klasikal 8 siswa atau 21,63% dikatakan belum berhasil baik secara individu maupun secara keseluruhan. Setelah pemberian tindakan melalui penggunaan media audio visual yang dilakukan pada penelitian siklus I di peroleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68,40 dengan ketuntasan belajar siswa dari 23 siswa sebesar 62,16%. Dari 37 orang siswa terdapat 23 siswa yang telah tuntas dan 14 yang tidak tuntas dan nilai rata rata siswa sebesar 62,16. Berarti persentase ketuntasan secara klasikal tersebut masih kurang dimana criteria ketuntasan minimal sekolah untuk mata pelajaran pendidikan jasmani adalah 75 dan persentase ketuntasan klasiskal (PKK) adalah 85%.Hasil tes pada siklus II di peroleh nilai rata-rata kelas menjadi 75,51 dengan ketuntasan belajar dari siswa meningkat sebesar 86,48 %. Dari 37 orang siswa terdapat 32 siswa yang telah tuntas dan 5 orang yang tidak tuntas dalam belajarnya dan nilai rata rata siswa sebesar 75,51 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86,48 %.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media Audio Visual, Tendangan Busur Pencak Silat, Hasil Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Jul 2019 07:59
Last Modified: 25 Sep 2019 06:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35730

Actions (login required)

View Item
View Item