PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI SMA KELAS X BERBASIS POTENSI LOKAL DI SUMATERA UTARA

Sinaga, Indra Utama and Sipahutar, Herbert and Gultom, Tumiur (2018) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOLOGI SMA KELAS X BERBASIS POTENSI LOKAL DI SUMATERA UTARA. In: Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 12 Oktober 2018, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan Isi; (2) Kelayakan Penyajian, dan (3) Kelayakan Bahasa (Keterbacaan) Buku Ajar Biologi Kelas X SMA Berbasis Potensi Lokal Di Sumatera Utara. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Medan pada kelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar Biologi SMA Kelas X Berbasis Potensi Lokal di beberapa daerah di Sumatera Utara. Potensi yang dikembangkan dari daerah Sumatera
Utara berupa kebudayaan yang terdapat di Sumatera Utara yang diaplikasikan ke dalam Buku Ajar. Instrumen penelitian berupa Lembar Penilaian Validator Ahli, Lembar Penilaian Guru Biologi, dan Angket Persepsi Siswa terhadap Buku Ajar Biologi Berbasis Potensi Lokal Di Sumatera Utara. Hasil yang diperoleh adalah Buku Ajar Biologi Kelas X SMA Berbasis Potensi Lokal Di Sumatera Utara yang dikembangkan sangat baik kelayakannya dari segi isi, segi penyajian, dan sangat layak dari segi Bahasa (keterbacaan). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa Buku Ajar Biologi Berbasis Potensi Lokal Di Sumatera Utara layak digunakan sebagai sumber belajar materi biologi untuk kelas X SMA/MA untuk membantu siswa dalam menguasai materi biologi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Buku Ajar Biologi, Potensi Lokal Sumatera Utara, Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian, dan Kelayakan Bahasa (Keterbacaan)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:51
Last Modified: 22 Feb 2021 07:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35543

Actions (login required)

View Item
View Item