ANALISIS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KOTA PADANG SIDIMPUAN

Gultom, Halimatussahdia (2011) ANALISIS PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KOTA PADANG SIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1-809745008 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1-809745008 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 2-809745008 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2-809745008 Abstrak.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 3-809745008 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3-809745008 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4-809745008 Bab I.pdf]
Preview
Text
4-809745008 Bab I.pdf - Published Version

Download (955kB) | Preview
[thumbnail of 5-809745008 Bab V.pdf]
Preview
Text
5-809745008 Bab V.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 6-809745008 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6-809745008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat pemanfaatan laboratorium biologi; (2) frekuensi pemanfaatan laboratorium biologi pada materi kelas X dan XI; dan (3) faktor penghambat pemanfaatan laboratorium biologi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan sampel 22 guru biologi yang mengajar di kelas X dan XI yang tersebar di 7 SMA Negeri se-Kota Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data adalah angket. observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan laboratorium di SMA Negeri se-Kota Padangsidimpuan pada kategori kurang baik (57,32%), sedangkan frekuensi pelaksanaan kegiatan laboratorium biologi di SMA Negeri se-Kota Padangsidimpuan kelas X selama semester gasal T.A. 2010/2011 rata-rata sebanyak 3 kali dalam satu semester. Sedangkan frekuensi kegiatan laboratorium di kelas XI adalah rata-rata sebanyak 6 kali dalam satu semester. Tingkat pemanfaatan laboratorium biologi di SMA Negeri se-Kota Padangsidimpuan, berdasarkan pembagian lokasi sekolah adalah pada kawasan pusat kota termasuk kategori cukup baik dan kawasan pinggir kota termasuk kurang baik. Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pemanfaatan laboratorium di SMA Negeri se-Kota Padangsidimpuan antara lain: (1) Faktor Perlengkapan Laboratorium yang tidak memadai; (2) Faktor tidak adanya penempatan; dan (3) Dianggap menyita waktu dan tenaga.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 537.7 Gul a
Keywords: Biologi; Laboratorium; Kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 16 May 2016 02:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3329

Actions (login required)

View Item
View Item