GINTING, ARDI JANUARDI (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN KREATIVITAS MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN STAMBUK 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143141009 COVER.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
2. NIM. 7143141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (755kB) | Preview
3. NIM. 7143141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
4. NIM. 7143141009 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
5. NIM. 7143141009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. NIM. 7143141009 TABLES.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. NIM. 7143141009 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
12. NIM. 7143141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
7. NIM. 7143141009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM. 7143141009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
12. NIM. 7143141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13. NIM. 7143141009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
1. NIM. 7143141009 COVER.pdf - Published Version
Download (0B)
3. NIM. 7143141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (0B)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang baiknya karakter mahasiswa dan rendahnya kreativitas mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2015 dalam mencapai prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pendidikan Karakter dan Kreativitas Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2015. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Stambuk 2015 dengan populasi seluruh mahasiswa prodi pendidikan ekonomi yang berjumlah 151 orang, sampel dalam penelitian ini berjumlah 76 orang.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan angket atau kuisioner. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi software SPSS versi 20. Teknik analisis data yang dihunakan antara lain : uji normalitas, uji linearitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas, analisis linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu : uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan Software SPSS versi 20.
Hasil perhitungan regresi liner berganda adalah Y = 29,694 + 0,164X1 + 0,548X2 dengan koefisien determinasi sebesar 50%. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial pendidikan karakter memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan nilai thitung>ttabel (3,907>1,666) pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05, kreativitas mahasiswa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa dengan thitung>ttabel (6,551 > 1,666) pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa pendidikan karakter dan kreativitas mahasiswa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa dengan nilai Fhitung > Ftabel (79,615 > 3,12) pada taraf signifikansi α (0,000 > 0,05) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat pengaruh positif dan signifikan pendidikan karakter dan kreativitas mahasiswa terhadap prestasi akademik mahasiswa baik secara parsial dan simultan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 014 |
Keywords: | Pendidikan Karakter; Kreativitas Mahasiswa, Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 15:23 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32887 |