ALOI, EGIA (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR OTOMOTIF (PDO) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEOBLEM BASE LEARNING (PBL) SISWA KELAS X SMK SWASTA IMMANUEL MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143122011 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM. 5143122011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3. NIM. 5143122011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 5143122011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5. NIM. 5143122011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. NIM. 5143122011 TABLES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. NIM. 5143122011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM. 5143122011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 5143122011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
10. NIM. 5143122011 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (728kB) | Preview
11. NIM. 5143122011 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (693kB) | Preview
12. NIM. 5143122011 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (987kB) | Preview
13. NIM. 5143122011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
14. NIM. 5143122011 BLIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
15. NIM. 5143122011 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Pekerjaan Dasar Otomotif pada kompetensi dasar alat ukur mekanik di kelas X TKR 2 SMKS Immanuel Medan. Prosedur penelitian dikemas dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: tahap Perencanaan (Planning), tahap Tindakan (Acting), tahap Pengamatan (Observing), dan tahap Refleksi (Reflecting). Data penelitian diambil dari tes soal pilihan berganda dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar siswa pada siklus I selama proses pembelajaran mengalami penigkatan dari pertemuan ke pertemuan. Terdapat 20 siswa (66,65%) dikategorikan sangat aktif dan 8 (26,66%) siswa yang aktif pada pertemuan pertama dan hanya 2 siswa (6,6%) dikategorikan tidak aktif. Pada pertemuan kedua mengalami penigkatan menjadi 24 siswa (80%) dikategorikan sangat aktif, dan tidak ada siswa termasuk dalam kategori tidak aktif. Pada siklus II juga selalu mengalami peningkatan dari pertemuan ke pertemuan. Terdapat 25 siswa (83,33%) dikategorikan sangat aktif pada pertemuan ketiga, dan terdapat 5 siswa (16,66%) dikategorikan aktif. Dan pada pertemuan terakhir siklus II (kedua) sebanyak 27 siswa (90%) dikategorikan sangat aktif, dan sisanya sebanyak 3 siswa (10%) dikategorikan aktif. Untuk mengetahui hasil belajar maka dilakukan penilaian pada ranah yaitu: ranah pengetahuan untuk menentukan kelulusan maka siswa diharuskan lulus pada ranah pengetahuan. Hasil belajar siswa pada siklus I (satu) jumlah siswa yang lulus atau tuntas sebanyak 25 (83,33%) siswa dan meningkat pada siklus II (dua) sebanyak 29 (96,66%) siswa, melebihi target sebesar 90% dinyatakan lulus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learnig) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar otomotif kompetensi dasar alat ukur mekanik kelas X TKR 2 SMKS Immanuel Medan tahun ajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 OTM 003 |
Keywords: | pembelajaran, masalah,hasil,aktivitas siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 14:42 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32704 |