UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR OTOMOTIF (PDO) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEOBLEM BASE LEARNING (PBL) SISWA KELAS X SMK SWASTA IMMANUEL MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

ALOI, EGIA (2019) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR OTOMOTIF (PDO) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEOBLEM BASE LEARNING (PBL) SISWA KELAS X SMK SWASTA IMMANUEL MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5143122011 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5143122011 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5143122011 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5143122011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5143122011 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5143122011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5143122011 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5143122011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5143122011 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5143122011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5143122011 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5143122011 TABLES.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5143122011 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5143122011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5143122011 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5143122011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5143122011 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5143122011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5143122011 CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 5143122011 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (728kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 5143122011 CHAPTER III.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 5143122011 CHAPTER III.pdf - Published Version

Download (693kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5143122011 CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5143122011 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (987kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5143122011 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5143122011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5143122011 BLIBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5143122011 BLIBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 5143122011 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 5143122011 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Pekerjaan Dasar Otomotif pada kompetensi dasar alat ukur mekanik di kelas X TKR 2 SMKS Immanuel Medan. Prosedur penelitian dikemas dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: tahap Perencanaan (Planning), tahap Tindakan (Acting), tahap Pengamatan (Observing), dan tahap Refleksi (Reflecting). Data penelitian diambil dari tes soal pilihan berganda dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukan aktivitas belajar siswa pada siklus I selama proses pembelajaran mengalami penigkatan dari pertemuan ke pertemuan. Terdapat 20 siswa (66,65%) dikategorikan sangat aktif dan 8 (26,66%) siswa yang aktif pada pertemuan pertama dan hanya 2 siswa (6,6%) dikategorikan tidak aktif. Pada pertemuan kedua mengalami penigkatan menjadi 24 siswa (80%) dikategorikan sangat aktif, dan tidak ada siswa termasuk dalam kategori tidak aktif. Pada siklus II juga selalu mengalami peningkatan dari pertemuan ke pertemuan. Terdapat 25 siswa (83,33%) dikategorikan sangat aktif pada pertemuan ketiga, dan terdapat 5 siswa (16,66%) dikategorikan aktif. Dan pada pertemuan terakhir siklus II (kedua) sebanyak 27 siswa (90%) dikategorikan sangat aktif, dan sisanya sebanyak 3 siswa (10%) dikategorikan aktif. Untuk mengetahui hasil belajar maka dilakukan penilaian pada ranah yaitu: ranah pengetahuan untuk menentukan kelulusan maka siswa diharuskan lulus pada ranah pengetahuan. Hasil belajar siswa pada siklus I (satu) jumlah siswa yang lulus atau tuntas sebanyak 25 (83,33%) siswa dan meningkat pada siklus II (dua) sebanyak 29 (96,66%) siswa, melebihi target sebesar 90% dinyatakan lulus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learnig) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar otomotif kompetensi dasar alat ukur mekanik kelas X TKR 2 SMKS Immanuel Medan tahun ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 OTM 003
Keywords: pembelajaran, masalah,hasil,aktivitas siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 28 Feb 2019 14:42
Last Modified: 01 Oct 2021 04:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32704

Actions (login required)

View Item
View Item